Ilmuwan Ungkap Ada Planet Bertabrakan

  • Update Sabtu, 23 Oktober 2021
  • Teknologi
  • Dilihat : 881 kali

Tanjungpandan, 23-10-2021 | Sarwamedia.com

Pembentukan sistem planet adalah misteri alam semesta yang sangat kompleks. Ilmuwan menemukan bukti dua planet saling menghantam keras hingga salah satunya kehilangan atmosfer.
Bukti tabrakan itu ada pada sebuah sistem yang sangat muda, berjarak 95 tahun cahaya dari Bumi. Menurut analisis mereka, debu yang tidak biasa di sekitar bintang muda tersebut berusia 23 juta tahun. HD 172555 adalah hasil dari dampak dari tabrakan planet yang begitu keras sehingga sebagian melucuti salah satu bagian atmosfernya.

Ini adalah pertama kalinya kami mendeteksi fenomena ini, dari atmosfer protoplanet yang dilucuti dalam sebuah dampak raksasa," kata astronom Tajana Schneiderman dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), dikutip dari Science Alert, Jumat (21/10/2021)

Semua orang tertarik untuk mengamati dampak raksasa, tetapi kami tidak memiliki bukti dalam banyak sistem untuk itu. Sekarang kami memiliki wawasan tambahan tentang dinamika ini," sambungnya.

Pembentukan planet
Proses pembentukan planet adalah proses yang rumit, dan para peneliti harus menyatukan apa yang mereka ketahui dari sistem yang sepenuhnya terbentuk, dan sistem lain di galaksi Bima Sakti yang telah kita lihat pada berbagai tahap perkembangan.

Ketika sebuah bintang terbentuk dari gumpalan debu dan gas di awan molekuler, piringan material yang luas terbentuk akan "memberi makan" ke bintang yang sedang tumbuh.

Cakram bintang ini kemudian mengalami transformasi, mungkin dimulai sebelum bintang selesai terbentuk. Ketika bintik-bintik dan fragmen di dalamnya mulai saling menempel, pertama secara elektrostatik, dan kemudian, saat benda mengakumulasi massa secara gravitasi.

Gumpalan yang lebih besar dan makin membesar ini bertabrakan dan bergabung, akhirnya mendapatkan massa yang cukup untuk inti yang berbeda untuk menetap di pusat, dan akhirnya menjadi sebuah planet.

Namun, tidak semua 'bayi' planet bisa bertahan. Ada juga salah satu planet seukuran Mars yang tidak masuk Tata Surya, bertabrakan dengan Bumi untuk menciptakan Bulan misalnya.

Para astronom berpikir bahwa kebanyakan planet juga tidak terbentuk di tempat akhirnya. Sebaliknya, mereka terbentuk di tempat lain dan bermigrasi ke posisi akhir mereka.

Karenanya, tabrakan tersebut dianggap sebagai kejadian yang cukup umum selama pembentukan sistem planet. Memang, mereka tampaknya memainkan peran penting dalam cara planet tumbuh, dan arsitektur utama sistem itu.

HD 172555 telah lama dianggap agak aneh. Debu yang berputar-putar di sekitarnya memiliki komposisi dan ukuran butiran yang tidak biasa, yaitu jumlah silika dan silikon monoksida padat yang tidak biasa, serta butiran debu yang jauh lebih kecil daripada rata-rata.

Sebelumnya, kondisi ini ditafsirkan sebagai hasil dari dampak hypervelocity. Jadi Schneiderman dan rekan-rekannya memutuskan untuk melihat lebih dekat pada karbon monoksida di sekitar bintang.

Menurut pemodelan tim, yang paling cocok untuk pengamatan terhadap HD 172555 adalah dampak raksasa. Mereka bahkan dapat mempersempit kapan dan bagaimana hal itu terjadi.

Setidaknya, 200 ribu tahun yang lalu (cukup baru sehingga karbon monoksida tidak punya waktu untuk terurai), sebuah planet berbatu seukuran Bumi ditabrak oleh benda yang lebih kecil dengan kecepatan 10 kilometer per detik.

Tabrakan ini sangat dahsyat sehingga meledakkan setidaknya sebagian dari atmosfer planet berbatu itu. Ini kemudian menjelaskan keberadaan karbon monoksida dan debu yang kaya akan silika.

"Kami memperkirakan akan ada dampak raksasa. Skala waktu, usia, dan batasan morfologis serta komposisinya cocok. Satu-satunya proses yang masuk akal yang bisa menghasilkan karbon monoksida dalam sistem ini, dalam konteks ini adalah dampak raksasa," kata Schneiderman.

(Sumber. Detik.com)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda