Klitih Yogyakarta dan Cara Mengatasinya

  • Update Minggu, 22 Mei 2022
  • Opini
  • Dilihat : 796 kali

Klitih sebenarnya bermakna sebagai kegiatan di luar rumah yang dilakukan pada malam hari untuk menghilangkan kepenatan. Namun pada akhirnya istilah tersebut mengalami pergeseran makna kearah yang negatif, maka klitih adalah tindakan kriminal yang terjadi di jalanan dan cenderung dilakukan oleh para remaja bahkan anak SMP pun terlibat. Klitih terjadi karena untuk menunjukkan eksistensi kelompok remaja, ada tuntutan dari lingkungan pergaulan agar terlihat “jago”, dan menyerang karena kepuasan semata dan iseng. Faktor lainnya ialah kurangnya pengawasan dan kontrol sosial orang tua.

Anak usia 12-18 tahun rentan terhadap ketidakstabilan emosional. Tidak adanya tempat untuk remaja mengekspresikan dirinya dan melakukan aktivitas di zaman pandemi ini mengakibatkan mereka tertarik untuk melakukan klitih. Mereka penasaran “bagaimana kalau saya melakukan klitih” lalu mereka saling beradu keahlian.

Aksi klitih kebanyakan dilakukan pelaku pada malam hari. Mereka menggunakan senjata tajam seperti pedang, golok, parang, dan gir sepeda motor yang telah dimodifikasi. Tidak hanya luka senjata tajam yang diderita korban bahkan membuat nyawa orang yang tak bersalah melayang. Kasus klitih cenderung terjadi di Kota Yogyakarta, sedangkan di kota lain seperti di Bandung, Jakarta, dan Tangerang banyak ditemukan kasus begal.

Kasus klitih yang baru-baru ini terjadi di penghujung tahun 2021, pada tanggal 27 Desember 2021 di Jalan Kaliurang, Kecamatan Ngaglik pukul 01.30 WIB dan di underpass Keuntungan Sleman. Selang empat bulan kemudian, kembali lagi terjadi aksi klitih pada tanggal 3 April 2022 pukul 02.10 WIB yang menewaskan satu orang pelajar. Kematian pelajar ini disebabkan oleh luka kepala akibat sabetan senjata tajam berupa gir sepeda motor. Akibat maraknya kasus klitih, masyarakat daerah setempat dan pelajar atau mahasiswa menjadi takut dan penuh apabila melewati jalan yang sepi.

Pemerintah Yogyakarta dan aparat keamanan terus berupaya agar Yogyakarta menjadi kota yang aman dan terpelihara. Upaya tersebut berupa melakukan aktivitas kontrol (patroli) malam ke daerah yang rawan klitih, sosialisasi ke masyarakat untuk lebih waspada terhadap klitih, dan menciptakan aktivitas positif untuk ladang kreativitas remaja. Hal yang terpenting ialah kesadaran diri masing-masing untuk selalu melakukan hal-hal dan kontribusi yang baik dan positif untuk daerah setempat.

Aksi klitih yang tengah mengalami peningkatan ini jangan menjadi acuan untuk remaja yang ingin menumpahkan kreativitasnya. Carilah kegiatan yang bermanfaat yang tidak merugikan masyarakat. Diperlukannya peran seluruh masyarakat Yogyakarta untuk menciptakan kota yang damai, aman, terkendali, dan tertib. Apabila hal ini telah terwujud, maka masyarakat Yogyakarta merasa aman sehingga yang sering keluar melakukan aktivitas di malam hari tidak perlu merasa takut dan parno lagi

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda