Ajak Masyarakat Awasi Pemilu, Bawaslu Belitung Gelar Acara Jelajah Pengawasan

  • Update Kamis, 22 September 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 95 kali

Belitung, 22-09-2022 | Sarwamedia.com

Bertempat di Cafe Lagak yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Tanjungpandan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, Kemarin (21/09/2022) menggelar acara Jelajah Pengawasan. Dalam acara ini, pihak Bawaslu mengundang berbagai kalangan untuk melakukan diskusi yang bertujuan untuk menerima masukan dan saran terkait kinerja kerja pengawasan yang akan mereka lakukan dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Hadir dalam kegiatan diskusi perwakilan pelajar yang di wakili oleh para mahasiswa dan mahasiswi berbagai sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Belitung, perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan puluhan awak media dari berbagai media online dan cetak yang ada di Belitung.

Ketua Bawaslu Haikal, Lc. dalam kata sambutannya mengatakan digelarnya kegiatan Jelajah Pengawasan ini tujuannya adalah untuk mengajak masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif untuk ikut melakukan pengawasan terhadap jalannya Pemilu mulai dari tahapan awal hingga menuju puncaknya akan berlangsung tahun 2024 mendatang.

Menurut Haikal di gelarnya kegiatan Jelajah Pengawasan oleh pihak Bawaslu mempunyai beberapa tujuan. Yang pertama adalah sebagai program yang akan mereka jadikan sarana untuk melakukan pendekatan kepada berbagai elemen masyarakat atau dengan kata lain agar dekat dengan masyarakat, karena selama ini banyak masyarakat yang masih belum mengetahui bahwa Bawaslu termasuk juga dalam pihak penyelenggara pemilu.

"Selama ini masyarakat hanya tau bahwa pihak penyelenggara Pemilu itu hanya KPU. Jelajah ini kita programkan sebagai sebuah usaha dan langkah kita untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada masyarakat biar lebih dekat sehingga masyarakat juga mengenal kita lebih dekat dan mengetahui apa dan siapa kita (Bawaslu, red) mulai dari mengetahui peran dan kinerja kerja kita dalam Pemilu dan memang pihak Bawaslu berencana akan selalu melibatkan berbagai elemen masyarakat masyarakat dalam setiap program kerja yang membutuhkan keterlibatan masyarakat yang berkaitan dengan pengawasan selai dari mitra kerja Bawaslu yang sudah ada di antaranya pihak media," ungkap Haikal.

Selanjutnya Tujuan yang kedua adalah untuk mengajak serta berbagai elemen masyarakat dengan seluas-luasnya agar dapat berpartisipasi aktif bersama Bawaslu di dalam mengawasi tahapan-tahapan Pemilu yang puncaknya akan di gelar tahun 2024 mendatang.

"Karena kita yakin dengan turut aktifnya mitra Bawaslu dan elemen masyarakat ikut serta dalam pengawasan Pemilu dimana saat ini tahapannya sudah mulai berjalan hasil yang di harapkan agar Pemilu berjalan dengan baik bisa tercapai secara maksimal dan berjalan sesuai peraturan perundang-undangan," kata Haikal.

Terkait dengan hasil diskusi mitra Bawaslu, Haikal mengatakan pihaknya akan mensaringnya untuk di kaji lebih lanjut dan di jalankan programnya, bahkan pihak Bawaslu akan terus menggelar kegiatan Jelajah pengawasan untuk terus menerima saran dan masukan dari berbagai elemen masyarakat demi tercapainya tujuan yang maksimal untuk kegiatan pengawas Pemilu. (redaksi)

Form Komentar
Komentar Anda