BPBD Beltim Makin Tangguh 11 Personel Resmi Bergabung Siap Atasi Bencana

  • Update Sabtu, 2 April 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 331 kali

Belitung, 02-04-2022 | Sarwamedia.com

Sebanyak 11 orang peserta seleksi calon tenaga kontrak Tim Reaksi Cepat penanggulangan Bencana (TRC-PB) lulus Diklat Pembekalan. Terhitung 1 April 2022 mereka mulai resmi mengabdi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Timur selaku intansi yang berwenang menangani masalah/bencana.

Sebelumnya, sekitar satu bulan lalu pemkab Beltim khususnya pihak BPBD membuka seleksi terbuka calon tenaga TRC PB. peserta yang mendaftar sebanyak 30-an orang calon TRC-PB 15 orang sudah gugur saat seleksi administrasi. Sedangkan 4 orang sisanya kembali gagal saat praktek keahlian.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Helmi Takbirullah Akbar, seizin Kepala Pelaksana BPBD m Kabupaten Beltim Rusman mengatakan para tenaga baru dengan keahlian yang berbeda ini akan akan memperkuat Team BPBD Mereka yang di nyatakan lulus semua dianggap layak untuk bekerja dalam bidang kedaruratan.

Alhamdulillah mereka layak. Penilaian ini Ibukan hanya kita yang menyatakan tapi dari seluruh pelatih, baik dari unsur TNI, Basarnas maupun Tagana,” ungkap Helmi seusai Upacara Penutupan Diklat Pembekalan TRC-PB BPBD Kabupaten Beltim di Lapangan Upacara, Pantai Serdang, Kamis (31/3/22).

Di katakan Helmi, jika para pegawai TRC-PB dituntut untuk dapat bekerja menangani seluruh bentuk bencana, baik alam, non-alam maupun sosial. Jadi tidak ada penempatan khusus di unit tertentu.

Mereka akan Digabung, jadi satu karena kita di BPBD tidak ada terkotak-kotak semua lebur. Untuk penanggulangan bencana kita semua satu tim,” kata Helmi.

Oleh karena itu Helmi berharap dengan adanya penambahan tenaga baru, pelayanan kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana semakin baik, kian memiliki dedikasi yang tinggi dan punya kapasitas yang mumpuni.

Selama ini kita sudah kompak. Apa yang disampaikan oleh Pak Bupati tadi merupakan penyemangat bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik di bidang kebencanaan,” ujar Helmi.

Upacara Penutupan Diklat Pembekalan TRC-PB BPBD Kabupaten Beltim dipimpin langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin. Hadir dalam kesempatan ini Asisten III Bidang Administrasi Umum Haryoso, Kepala Dinas Perhubungan Amirudin, Forkopimda Kabupaten Beltim serta pimpinan Pos SAR dan Tagana Kabupaten Beltim. (One)

Sumber Diskominfo Beltim

Form Komentar
Komentar Anda