Di Beltim Ada 44 Ribu Jiwa Yang Berhak Terima Bantuan. Kecamatan Manggar Paling Banyak

  • Update Selasa, 15 Maret 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 327 kali

Belitung Timur, 15-03-2022 | Sarwamedia.com

Tercatat Sebanyak 44.099 jiwa di Belitung Timur yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Tahun 2021 dan dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Beltim warga Kecamatan Manggar yang paling banyak tercatat masuk dalam DTKS. DTKS sendiri merupakan database yang di gunakan pemerintah dalam menentukan warga yang berhak menerima bantuan dari pemerintah.

Berdasarkan catatan data yang berhasil di himpun pihak pemerintah Data tersebut sempat mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2020 yang awalnya sekitar 26 ribuan jiwa dan pada tahun 2021 mengalami peningkatan menjadi 44 ribu jiwa. Hal ini tercatat di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (PMD) Belitung Timur.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial PMD Belitung Timur, Nur Hasan menyebutkan bahwa angka tersebut meningkat lantaran masa pandemi Covid-19 yang berlangsung selama tahun 2020-2021. Pemerintah menginginkan agar masyarakat yang terdampak pandemi bisa terbantu dengan adanya program bantuan dari pemerintah tersebut.

"Ada kenaikan yang signifikan pada tahun 2020 ke tahun 2021 tersebut. Ini sebagai jaring ekonomi mereka supaya tidak terlalu terdampak,” kata Nur Hasan kepada wartawan Nur Hasan melanjutkan bahwa data tersebut berdasarkan usulan dari daerah, namun yang menetapkan adalah pemerintah pusat.

Oleh karena itu Karena itu, dirinya mengaku ada beberapa sasaran yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan usulan dari musdes. Kita akan terus memperbarui data tersebut supaya tepat sasaran dan mampu mengakomodir semua masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Perbaruan data tersebut mencakup warga yang meninggal, warga yang dari segi ekonominya berubah seperti yang hidupnya sudah di atas garis kemiskinan. “Ada yang dulu susah sekarang sudah cukup, sehingga data itu fleksibel, bisa berubah kapan saja dan terakhir diupdate pada 10 Februari lalu,” ujarnya.

Selanjutnya untuk per kecamatan warga yang berhak terima bantuan menurut Nur Hasan Untuk Kecamatan Manggar 12.583 jiwa, Kelapa Kampit 8.364 jiwa, Gantung 8.313 jiwa, Damar 5.598 jiwa, Dendang 4.076 jiwa, Simpang Pesak 3.147 jiwa, dan Simpang Renggiang 2.013 jiwa. (red)

Form Komentar
Komentar Anda