Erzaldi Jamin Gas Tidak Akan Langka Lagi di Belitong. Akan Mengirimkan Surat ke Dirjen Migas Untuk Segera Menambah Kuota Gas

  • Update Sabtu, 19 Maret 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 663 kali

Belitung, 19-03-2022 | Sarwamedia.com

Langkanya Gas Elpiji 3 kg ternyata di karenakan  ketersediaan gas di Pulau Belitung ymenipis hal itu dikarenakan agen LPG subsidi hanya dapat melakukan penebusan sebanyak 1 LO (truk) 

Agar permasalahan gas ini tidak berlarut-larut terjadi di pulau Belitong Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman akhirnya mengambil langkah pergi bersama Manager Rayon VI Belitung, Reiner Bontong, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan PT Pelindo melakukan kunjungan ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Elpiji (SPPBE) PT Bukit Intan Sejahtera Sentosa di Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. 

Guna memastikan ketersediaan stok dan suplai LPG (Liquefied Petroleum Gas) atau elpiji untuk wilayah Pulau Belitung, dan tidak terjadi kelangkaan, Rabu(16/3).

Akhirnya di ketahui juga terjadi Kelangkaan juga disebabkan karena total daya tampung SPPBE yang ada di Pulau Belitung sebesar 570 MT (Metrik Ton), hanya dapat tersuplai dari Palembang dengan kapasitas 131 MT yang dikirimkan dengan menggunakan kapal Landing Craft Tank (LCT) skid tank. 

Dari 570 MT tersebut terbagi di dua tempat yakni 450 MT di SPPBE PT Bukit Intan Sejahtera Sentosa (pengisian LPG subsidi), dan 120 MT di PT Energi Laskar pelangi (non subsidi). 

Menanggapi itu, Erzaldi mengatakan pihak Pertamina seharusnya dapat menyuplai LPG menggunakan kapal tongkang dengan kapasitas 480 MT seperti yang pernah dilakukan pada bulan Desember 2021. Dengan suplai 480 MT, akan dapat memenuhi kebutuhan LPG di Pulau Belitung selama setidaknya 20 hari. Karena Jika hanya 131 MT maka hanya cukup untuk 6 hari. 

Menurutnya terminal khusus (tersus) berkapasitas kurang lebih 600 MT ini akan sia-sia jika hanya disuplai dengan kapasitas 131 MT per minggu dan ia mendorong PT Pertamina untuk menyuplai hingga 480 MT sesuai kapasitas tersus.

Saya akan segera berdialog dengan Pertamina dan melayangkan surat untuk memantapkan penambahan kuota, dan juga harus disampaikan ke Dirjen Migas," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, pengisian LPG hanya menggunakan kapal kayu dengan kapasitas kecil, namun saat ini sudah dapat mengisi sendiri tentunya akan menambah kuota mengingat masa pengiriman singkat dan kecenderungan masyarakat menggunakan gas subsidi meningkat.

"Ini hanya perubahan sistem pengisian yang sebelumnya pengiriman tabung berisi menjadi pengisian langsung di SPBE di Pulau Belitung. Kita tidak berharap lebih, tetapi intinya ketersediaan gas cukup terlebih menghadapi ramadan dan idulfitri," harap Erzaldi.

Manajer PT Pertamina Area Babel Reiner Bontong, menyatakan pihaknya menyanggupi akan menyuplai 131 MT dengan menggunakan skid tank pada Sabtu mendatang dan Seninnya masuk dengan kapasitas 480 MT dengan menggunakan kapal tongkang. (redaksi)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda