Gunakan Lokasi Eks SMEP, Pemkab Belitung Siapkan Dana Rp 10 Miliar Bangun Sentra Kuliner

  • Update Selasa, 9 Agustus 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 208 kali

Belitung, 09-08-2022 | Sarwamedia.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung direncanakan akan membangu sentra kuliner di lokasi bangunan Eks SMEP, Tanjungpandan, Belitung tepatnya di depan galeri UMKM Belitung. Tak tanggung-tanggung, Pemkab Belitung sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 Miliar untuk merealisasikan pembangunan sentra kuliner tersebut.

Menurut Bupati Belitung H. Sahani Saleh, pembangunan sentra kuliner ini akan direalisasikan segera pada tahun 2023 mendatang. Selanjutnya, pembangunan sentra kuliner ini nantinya akan ditujukan untuk merelokasi pedagang yang ada di halaman Gedung Nasional dan pedagang kaki lima lainnya yang ada di pinggir jalan.

"Memperjuangkan lahan itu sudah beberapa tahun lalu untuk mengakomodir UMKM. Di bawah ruang parkir, kalau di Gedung Nasional di situ parkir di situ jualan. Parkirnya di bawah. Nanti dibangun dua tingkat, jadi pedagang tidak di jalanan," ujar Sahani Saleh.

Menurut Bupati Belitung selama 2 periode terakhir ini, pedagang di halaman Gedung Nasional sebenarnya diluar perkiraan pihak Pemkab. Dan sampai saat ini belum ada tempat untuk merelokasi para pedagang tersebut. Maka dari itu, dengan dibangunnya sentra kuliner ini nantinya, diharapkan dapat sebagai area relokasi pedagang di halaman Gedung Nasional dan pedagang dapat lebih tertata dan higienis.

Lebih lanjut, pembangunan sentra kuliner ini juga diharapkan agar dapat mengembalikan dan memfokuskan fungsi Gedung Nasional sebagai gedung kesenian. Karena, melihat kondisi sekarang ini dimana halaman Gedung Nasional yang dipadati pedagang dan pengunjung yang merubah Gedung Nasional menjadi tempat hiburan. (Owi)

(dikutip dari berbagai sumber)

Form Komentar
Komentar Anda