Hama Selalu Jadi Masalah, Distangan Beltim Terapkan Inovasi Aksi Tali Intan Pulang Dari Bandung

  • Update Rabu, 9 Maret 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 558 kali

Bandung, 09-03-2022 | Sarwamedia.com

Wakil Bupati Belitung Timur (Wabup Beltim), Khairil Anwar serta Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Kabupaten Beltim melakukan Studi Referensi terkait inovasi Aksi Tali Intan (Aksi Petani Peduli Perlindungan Tanaman) dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang akan direplikasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Distangan Kabupaten Beltim Trijaka, tujuan dari mereplikasi inovasi Aksi Tali Intan yaitu untuk mengatasi permasalahan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) seperti hama yang acap kali menjadi masalah bagi petani-petani di Kabupaten Beltim.

"Kalau untuk gangguan hama kan saat ini banyak petani-petani yang agak enggan untuk menanam lada dan lain sebagainya, karena serangan hama penyakit yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, kita mencontoh inovasi ini untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara-cara yang baik, " ujarnya saat diwawancarai seusai melaksanakan kunjungan di UPTD Balai Perlindungan Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jabar, Selasa, (8/3).

Selain dapat mengatasi OPT, inovasi Aksi Tali Intan ini bisa juga digunakan untuk mengurangi pemakaian bahan kimia dalam memberantas hama dan digantikan dengan penggunaan Agens Pengendali Hayati (APH) yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Pengaplikasian inovasi tersebut diakui membutuhkan waktu cukup lama, akan tetapi Trijaka berharap dengan diterapkannya inovasi tersebut, ke depannya hasil produksi para petani di Beltim bisa terus meningkat, sehingga berimbas kepada peningkatan hasil pendapatan petani di Beltim.

"Kita berharap dengan inovasi ini, para petani-petani di Beltim yang mengalami serangan hama-hama penyakit bisa dikendalikan dengan baik dan pada akhirnya produktifitas petani lebih meningkat," Harap Trijaka.

Sementara itu, Wabup Beltim Khairil Anwar mengatakan banyak ilmu dan informasi penting yang dapat diambil dalam kunjungan tersebut.

"Kalau kita dibandingkan dengan Jabar memang kita belum apa-apa, salah satu contohnya, yaitu laboratorium saja kita belum ada. Oleh karena itu, ini akan jadi pemikiran kita ke depan," ucap Khairil.

Khairil berharap Pemkab Beltim dalam hal ini Distangan Beltim harus mampu mengikuti jejak Siti Purnama, salah satu ASN dari Dinas Perkebunan Provinsi Jabar yang memiliki berbagai inovasi-inovasi yang baik untuk kemajuan para petani.

"Ibu Siti Purnama (Inovator Aksi Tali Intan-red), dia telah menciptakan 6 inovasi dan itu tarafnya sudah nasional. Nah, hal-hal seperti inilah yang perlu kita tiru untuk kemajuan petani-petani kita ke depannya," pungkas Khairil. (Prokom Setda Beltim)

Sumber Diskominfo Beltim

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda