Pemprov Babel Terima Penghargaan Atas Realisasi PAD Tertinggi Nomor 2 Se-Indonesia

  • Update Senin, 6 Juni 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 157 kali

Bangka Belitung, 06-06-2022 | Sarwamedia.com

Pemprov Kepulauan Bangka Belitung terima oenghargaan lagi. Kali ini penghargaan itu didapat karena menjadi salah satu provinsi yang menerima penghargaan realisasi APBD tertinggi tahun 2021 dengan berhasil merealisasikan PAD mencapai 114 persen dimana berdasarkan penilaian realisasi PAD tersebut merupakan pencapaian realisasi PAD tertinggi nomor 2 Se-Indonesia di bawah Provinsi Bengkulu yang berhasil mewujudkan PAD-nya lebih besar dari 114 persen.

Penghargaan tersebut diterima di hotel Bidakara Jakarta Kamis(02/06/2022) lalu oleh Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Babel Ahmad Dalu.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, merasa bahagia atas capaian ini. Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait terhadap realisasi PAD. Ia juga berpesan agar penghargaan ini menjadi motivasi lebih kedepannya, sehingga PAD semakin meningkat.

Kepala Badan Bakuda Babel Haris mengatakan, PAD pada 2021 melampaui target sebelumnya dengan realisasi sebesar 114 persen. Babel berada di bawah Bengkulu dalam pencapaian realisasi PAD. Sedangkan setelah Babel ada Gorontalo, Papua, dan Jawa Barat.

Lebih lanjut Haris menyebutkan, pemerintah provinsi kedepannya akan lebih menggali potensi-potensi pajak dan retribusi yang belum terkelola untuk meningkatkan lagi realisasi PAD. Untuk itu ia minta stakeholder terus menggali potensi-potensi tersebut.

“Kami mohon bantuan, mohon dukungan dari seluruh stakeholder terutama perangkat daerah pengampu distribusi daerah, untuk bersama-sama ayo kita gali. Kita kejar target itu,” kata Haris.

Bahkan Bakuda telah menggandeng Polda Babel dengan membentuk Satgas Optimalisasi Pajak untuk meningkatkan realisasi PAD. Satgas ini menangani PAD dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Air Permukaan (PAP), dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). (*)

Form Komentar
Komentar Anda