Saluut!! Kades Juru Sebrang Laporkan Penyidik Polres ke Mabes Polri

  • Update Senin, 8 November 2021
  • Daerah
  • Dilihat : 1787 kali

Saluut!! Kades Juru Sebrang Laporkan Penyidik Polres ke Mabes Polri
- padahal statusnya masih dalam proses penyidikan

Tanjungpandan, 08-11-2021 | Sarwamedia.com

Saluut! dan cukup Berani ucapan ini pantas di tujukan Atas tindakan yang di tempuh oleh Darsono alias Matek Kades Juru Sebrang Kecamatan Tanjungpandan. Bagaimana tidak karena merasa dikriminalisasi oleh penyidik Tipikor Polres Belitung Ia nekat melaporkan penyidik tersebut ke Biro Pengawasan dan Penyidikan (Wassidik) Mabes Polri di Jakarta, padahal statusnya masih dalam proses penyidikan Laporan tersebut di layangkannya pada hari Kamis (4/11) lalu

Darsono yang sering disapa Matek ini kepada awak media mengaku nekat menempuh jalan tersebut dikarenakan kesal akibat perlakuan yang diterimanya selama penyidikan berjalan sehingga mengakibatkan beban mental dan fisik bagi dirinya sendiri dan keluarga serta perangkat desa Juru Seberang.

Matek dalam penjelasannya terkait kasus yang menimpanya mengatakan, masalah tersebut mencuat ke permukaan berawal ketika dirinya menjabat Kepala Desa Juru Seberang dan memulai pembangunan jalan desa sepanjang 6.300 meter dengan lebar 6 meter dan ketebalan 25 centimeter yang memakan anggaran sebesar Rp. 809 juta bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan pembagian pajak serta retribusi.

"Pembangunan tersebut berjalan sesuai aturan yang berlaku. Karena Sebelum pembangunan jalan tersebut sudah dilakukan verifikasi oleh pihak Kecamatan, setelah itu barulah proses pembangunan jalan dilakukan," ujarnya.

Dan pembangunan jalan tersebut kata Matek telah rampung atau selesai 100 persen sebelum 31 Desember 2016, lalu pada Februari 2017 Inspektorat Kabupaten Belitung melakukan pemeriksaan rutin terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan tersebut.

Bersamaan dengan pemeriksaan Inspektorat pihak Polres Belitung juga melakukan penyelidikan terhadap jalan tersebut. Saya dan perangkat desa sudah dimintai keterangan terkait pembangunan Jalan tersebut sedangkan hasil pemeriksaan Inspektorat (LHP) baru terbit Juli 2017

Menurut Matek Ia merasa janggal dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh Polres Belitung, karena aparat penegak hukum seharusnya baru bisa menindak lanjuti setelah ada hasil pemeriksaan (LHP) Inspektorat atau BPK jika ditemukan ada penyelewengan atas proyek yang dibangun.

Atas dasar tindakan tersebut, dirinya merasa tidak adil dan patut menilai ada dugaan kriminaliasi terhadap dirinya pribadi dan selaku Kades Juru Seberang oleh pihak Polres Belitung, terlebih lagi hingga saat ini belum ada kejelasan hukum terhadap kasus tersebut. padahal sudah tahun 2021

Walaupun Kapolres sudah empat kali berganti, Kasat Reskrim sudah lima kali berganti dan Kanit Tipikor sudah enam kali berganti, begitu pula pelimpahan berkas ke Kejari Belitung sudah tiga kali bolak-balik tidak cukup bukti untuk diajukan ke pengadilan dan register sudah dihapus di Kejaksaan," tegasnya

Sementara itu, dilansir dari media oline SatamExpose. Kasat Reskrim Polres Belitung Iptu Edi Purwanto menegaskan penyidikan kasus dugaan tipikor pembangunan jalan di Desa Juru Seberang masih terus dilakukan.

"Masih dalam proses penyidikan, yang jelas kami belum menghentikan terkait perkara tersebut dan kami masih melengkapi petunjuk JPU," ujarnya.

Menanggapi laporan yang dilakukan Kades Juru Seberang ke Biro Wasidik Mabes Polri, menurutnya setiap warga negara berhak membuat laporan. (One/Wira)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda