Siswa SD Sambut Kedatangan Delegasi Forum DMM-G20 di Belitung

  • Update Rabu, 7 September 2022
  • Nasional
  • Dilihat : 167 kali

Belitung, 07/09/2022 | Sarwamedia.com

Sejumlah siswa SDN 45 Tanjungpandan menyambut kedatangan perwakilan delegasi Development Ministerial Meeting (DMM) G20 dari berbagai negara di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (06/09/2022).

Pertemuan tingkat menteri DMM G20 tersebut akan membahas soal pembangunan berkelanjutan berbasis masyarakat dan bernuasa maritim, yang akan dilaksanakan pada 07-09 September 2022.

Rangkaian acara akan dibuka dengan dua side event pada hari ini, Rabu (07/09/2022), dengan tema The Development of Indonesia's Blue Economy Roadmap dan Harnessing the Ecosystem of Aerospace Industry in Indonesia.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan dan Pembangunan (PPN)/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan bahwa pertemuan para menteri pembangunan akan membahas sejumlah isu yang krusial. Indonesia sebagai presidensi G20 diantaranya akan membahas isu ekonomi biru (blue economy).

Menurutnya, transformasi menuju ekonomi biru menjadi agenda penting dalam pengembangan ekonomi nasional maupun global, karena kerusakan lingkungan menjadi ancaman yang serius. Oleh karena itu, G20 yang berisikan negara-negara dengan kekuatan ekonomi besar perlu membahas isu tersebut.

"Blue economy ini tentunya potensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mencapai pertumbuhan yang lebih inklusif. Ini sangat sejalan dengan poin-poin Sustainable Development Goals [SDGs]," ujar Amalia dalam konferensi pers pembuka rangkaian Development Ministerial Meeting, Selasa (06/09/2022) di Belitung.

Amalia menilai bahwa pembahasan dalam side event maupun pertemuan para menteri akan memberikan ide-ide baru dalam penyusunan peta jalan (roadmap) ekonomi biru Indonesia. Dokumen peta jalan ekonomi biru rencananya akan diterbitkan oleh Kementerian PPN pada tahun depan.

Selain itu, akan terdapat side event mengenai ekosistem kedirgantaraan, yang akan melibatkan PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan sejumlah perusahaan aviasi terkemuka, seperti Airbus dan Lockheed Martin. Indonesia hendak mengusung isu pengembangan ekosistem kedirgantaraan karena bersifat global, yakni perlu adanya konektivitas dari pelaku secara global.

Poin-poin dari side event tersebut akan menjadi pertimbangan pembahasan dalam pertemuan para menteri pembangunan G20, yang akan berlangsung pada Kamis (08/09/2022). Nantinya, pembahasan dari tingkat menteri akan dibawa ke presiden, dalam pertemuan puncak para pemimpin negara G20 di Bali.

Form Komentar
Komentar Anda