Umpannya Tupai, Buaya Kolong Tono Yang Menyerang Agus Salim Berhasil di Tangkap Warga

  • Update Senin, 28 Maret 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 904 kali

Bangka, 11-02-2022 | Sarwamedia.com

Masih ingat dengan kejadian pekerja timah yang tewas disambar dan diseret buaya di Kolong Tono dengan korban bernama Agus Salim (54) ketika hendak cuci tangan?

Nah, saat ini buaya penerkam warga di Kolong Tono, Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka tersebut behasil ditangkap warga setelah memakan pancing yang dipasang dengan menggunakan umpan tupai pada Jum'at (11/02/2022).

Upaya menangkap buaya ini dilakukan dengan memanggil pawang dari Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka. "Dipandu oleh pawang buaya dari Bukit Layang, kemudian dipasang pancing dengan umpan tupai sesuai permintaan dan akhirnya berhasil ditangkap," kata Aipda Dedi Irawan, Bhabinkamrbas Riding Panjang yang ikut memantau proses penangkapan. Dikutip dari Bangkapos.com

Upaya menangkap buaya dilakukan karena warga khawatir akan ada yang menjadi korban lagi. Pasalnya dikawasan Kolong Tono, Desa Jurung kerap beraktifitas warga seperti memancing dan mencari pasir timah.

Warga kemudian menghubungi Syarif dan Mundali, pawang buaya dari Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka. Keduanya kemudian datang membawa tim penangkap buaya.

Warga kemudian diminta mencarikan tupai untuk umpan pancing. Kemudian dilakukan pemasangan pancing di beberapa titik, salah satunya dimakan buaya. Namun untuk menarik buaya ke darat cukup sulit karena buaya sepanjang sekitar 3,5 meter dan diameter badan 45 cm tersebut terus memberontak, dengan menggunakan perahu kemudian berhasil menarik buaya kepinggir. Saat ini buaya masih diikat tak jauh dari kolong tempat tertangkap.

"Masih di lokasi buaya yang tertangkap, sebab pawang masih berupaya menangkap buaya lain yang ukurannya lebih besar, warga kita imbau tetap waspada dan berhati-hati," kata Aipda Dedi Irawan.

Seperti yang pernah di beritakan tanggal 3 Februari 2022 lalu, warga dihebohkan oleh serangan buaya yang memakan korban di Kolong Tono, Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Korbannya adalah Agus Salim (54) warga Riding Panjang. Ia diterkam buaya saat mencuci tangan usai istirahat makan siang di pinggir kolong.

Agus Salim sempat dibawa ke dalam air. Namun rekan- rekannya beserta warga menggunakan alat seadanya berhasil mengusir buaya dan melepaskan gigitan. Namun sayangnya Agus Salim saat ditemukan di dasar kolong sudah tak bernyawa dengan luka robek di kepala dan bahu.(*)

Form Komentar
Komentar Anda