Pendalaman Alur pelabuhan di Usulkan "lagi"

  • Update Sabtu, 6 November 2021
  • Daerah
  • Dilihat : 1154 kali

Pendalaman Alur pelabuhan di Usulkan (lagi)
-Pelindo Ajukan AMDAL ke KLHK

Tanjungpandan, 06-11-2021 | Sarwamedia.com

Wacana Pendalaman Alur Pelabuhan Pelindo Tanjungpandan sudah lama di bangun. Sejak Zaman Bupati Darmansyah Husein, namun realisasinya hingga saat ini tidak terlaksana.

Karena Banyak terjadi pro kontra di masyarakat. Karena ada sebagian masyarakat yang menilai hal itu hanya akal-akalan melakukan pendalaman alur untuk mengambil bahan tambang timah yang kabarnya bernilai funtastis.

Itu kata masyarakat yang kontra dan ada juga yang menolak karena jika kapal besar sudah banyak masuk akan menggangu aktivitas kapal kecil dan kapal nelayan mencari ikan di laut itu kata yang kontra yang pro beda lagi.

Mereka mengatakan memang sudah layak diperdalam agar lalu lintas kapal menjadi lancar, karena alur tersebut sudah lama terjadi pedangkalan.

Dan informasinya saat ini pihak Pelindo mengajukan proses AMDAL  untuk kegiatan  pendalaman alur kepada pihak kekementrian KLHK.

Benarkah?

Info tersebut benar adanya. Karena soal pengajuan pendalaman alur tersebut juga diungkapkan oleh Gubernur Babel kepada awak media saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Pelindo II Cabang Tanjungpandan, Kamis (4/11/2021).

Bersama Forkominda, sidak tersebut dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dan merespon keluhan para eksportir yang mengalami kesulitan menjalankan bisnisnya.

Oleh karena itu Erzaldi Rosman mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan, kendala yang yang ada di Pelabuhan Tanjungpandan hal itu dikarenakan alur menuju pelabuhan sudah sangat dangkal, sehingga kapal dengan kapasitas besar tidak bisa sandar.

Jadi saya mengambil kebijakan mengumpulkan pihak terkait agar bersepakat. Kesepakatan ini operator menyiapkan kapal yang disesuaikan dan eskportir menyesuaikan, nanti disiapkan beberapa kontainer,” kata Erzaldi Rosman Djohan kepada Awak media.

Ia menambahkan saat Pelindo II Cabang Tanjungpandan sedang mengajukan proses amdal untuk pendalaman alur kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Ia juga berharap agar proses AMDAL tersebut berjalan lancar. Demi lancarnya lalu lintas kapal ke pelabuhan.

Sementara itu hasil pantauan informasi yang dihimpun Sarwamedia dilapangan. Pendalaman alur lalu lintas kapal menuju kawasan pelabuhan memang sudah layak dilakukan.

Karena hanya kapal kecil yang mampu melewati alur tersebut. Untuk kapal eskpor impor jangan harap, pasti kandas. Kadang kapal kecil saja susah masuk jika tidak pasang dan jika musim kemarau.

Namun sebaiknya agar tidak terjadi kesalahpahaman ada baiknya pihak Pelindo berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak pemerintah Kabupaten dan membuka wacana ini secara luas ke masyarakat Belitung jangan sampai terjadi salah perencanaan. Pihak Pemerintah setuju. Masyarakat pula tidak setuju. (One/ berbagai sumber )

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda