Selenggarakan Rakor Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Belitung, Wabup Isyak Meirobie: Harus Lakukan Langkah Militan, Jangan Hanya Normatif Saja

  • Update Rabu, 10 Agustus 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 136 kali

Belitung, 10-08-2022 | Sarwamedia.com]

Pemkab Belitung melalui satgas dan OPD terkait menyelenggarakan Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Belitung, Rabu (10/08/2022) pagi. Kegiatan rakor ini dilaksanakan di Ruang Rapat Pemkab Belitung. Selain dihadiri oleh OPD terkait, kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur dari RSUD Marsidi Judono, Ormas Pemuda Pancasila serta perwakilan dari Kantor Kemenag Kabupaten Belitung dan Kecamatan serta Puskesmas se Kabupaten Belitung.

Dalam pemaparannya, Wabup Isyak Meirobie membuka dengan suatu statement yang tegas. Dirinya mengatakan, bahwa upaya penurunan stunting ini jarang menjadi perhatian, padahal tingkat stunting menentukan masa depan sebuah daerah.

"Jadi bapak ibu sekalian, rapat ini adalah rapat yang sangat penting namun tidak menarik bagi sebagian orang, maka dari itu jarang mendapat perhatian lebih. Padahal tingkat stunting sangat menentukan wajah daerah kedepannya," ujar Isyak Meirobie.

Selanjutnya, Isyak Meirobie mengatakan bahwa hingga saat ini berbagai upaya sudah dilakukan dalam menurunkan tingkat stunting di Kabupaten Belitung. Namun dirinya menghimbau, hal-hal yang menjadi penyebab stunting jangan sampai terulang kembali. Hal-hal tersebut selain dari hal genetik, menurutnya juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak baik sejak anak di dalam kandungan hingga lahir.

Lebih dari itu, dirinya juga menilai perlu dilakukan upaya-upaya edukasi, asistensi dan supervisi terkait stunting kepada generasi muda khususnya.

"Jadi kita harus lebih aktif lagi, dimulai dari edukasi terhadap pasangan yang baru menikah. Setelah itu kita lakukan upaya asistensi agar dapat dipantau para pasangan ini. Selanjutnya baru dilakukan upaya supervisi untuk menilai upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut," lanjut Wabup Belitung.

Isyak Meirobie juga berharap agar para pemangku kebijakan dan petugas-petugas terkait harus lebih militan lagi dalam upaya penurunan tingkat stunting di Kabupaten Belitung.

"Bukan kita tidak menghargai segala upaya yang telah dilakukan selama ini, namun kita harus lebih militan lagi, harus lebih greget lagi dalam menurunkan tingkat stunting ini, jangan hanya sebatas normatif saja. Harus dilakukan profiling latar belakang orang tua dan anak stunting, agar dapat dilakukan tindakan yang sesuai," imbuh Isyak Meirobie.

Dalam akhir pemaparannya, Isyak berharap seluruh unsur terlibat dalam upaya penurunan stunting ini. 

"Harapan saya, kita semua berkolaborasi. Bahwa upaya yang dilakukan selama ini sudah maksimal, namun harus ada upaya lain yang lebih tepat sasaran dan spesifik lagi," tutup Wabup Isyak Meirobie. (Owi)

Form Komentar
Komentar Anda