Tips Kelola Keuangan untuk Membangun Financial Freedom

  • Update Rabu, 8 Desember 2021
  • Ekonomi
  • Dilihat : 1176 kali

Ditulis Oleh : Raditya Firman Syaputra

Financial freedom atau kebebasan finansial merupakan suatu kondisi yang banyak sekali masyarakat impikan. Apabila sudah mencapainya maka orang bisa membeli apapun kebutuhan dan keinginannya.

Kebebasan finansial ini bisa diartikan secara lebih detail bahwa seseorang memiliki kekayaan yang dapat mencukupi berbagai kebutuhannya tanpa perlu bekerja lebih keras.

Artinya aset kekayaan yang masyarakat tersebut miliki bisa menghasilkan uang secara pasif maupun aktif, dan tentunya penghasilan lebih besar ketimbang biaya hidupnya. Itulah kenapa penting sekali untuk memahami terkait pengelolaan keuangan demi mencapai financial freedom.

Apalagi terkait dengan kekuatan fisik pada tubuh yang semakin renta, tentu akan menurun. Sehingga kebebasan finansial menjadi salah satu aset penting untuk masa depan. Saat ini banyak anak muda yang mulai menyadari pentingnya kebebasan finansial.

Namun di tengah tren tersebut lingkungan masih kurang mendukung. Seperti belum menemukan pendapatan yang tepat, gaya hidup yang berlebihan, menjadi generasi sandwich di tengah keterbatasan dan sebagainya.

Namun demikian, setiap permasalahan bisa selesai dan kehidupan bisa berubah menjadi lebih baik lagi asalkan seseorang mau usaha. Nah, berikut ini adalah beberapa tips kelola keuangan yang penting dalam membangun financial freedom di masa depan.

1. Mengenali Kondisi Keuangan Sendiri

Secara umum mungkin kebebasan finansial adalah memiliki aset yang besar. Namun tidak bisa diukur dari sisi tersebut saja. Tidak penting berapa penghasilan Anda saat ini, yang terpenting adalah apakah penghasilan tersebut bisa membiayai kebutuhan?

 

Nah, penting sekali untuk mengenali kondisi keuangan diri sendiri. Yaitu mulai dari pemasukan hingga dana tersebut keluar. Apakah dana tersebut cukup untuk melunasi kebutuhan pengeluaran Anda?

Sebelumnya perlu sekali membedakan dan memahami kebutuhan secara lebih terperinci. Seperti kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder, tersier, dan sebagainya. Jadi kelompokkan hal-hal tersebut, dan pahami finansial Anda seperti apa.

2. Lebih Bijak dalam Mengelola Keuangan

Selanjutnya adalah lebih bijak dalam mengelola keuangan. Pastikan tidak besar pasak daripada tiang atau pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Karena akan sulit bagi Anda saat memiliki sifat konsumtif alias sering membeli barang-barang mewah.

Mulai lakukan penghematan jika hal tersebut terjadi. Seperti informasi sebelumnya kelompokkan kebutuhan dari yang paling urgen. Sehingga uang keluar tidak akan sia-sia. Penuhi dulu kebutuhan pokok, baru sisanya bisa ke hal lain.

Seperti menabung, berinvestasi, menyisihkan dana darurat, hingga mengalokasikan sesuatu untuk menghargai diri sendiri.

3. Mencari Income Penghasilan Tidak Hanya dari Satu Sumber

Lantas bagaimana jika pendapatan saat ini tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok? Nah, mulailah untuk mencari sumber pendapatan lainnya. Bisa dengan mencari pekerjaan lain (freelance) atau bisa juga dengan menghasilkan sumber pendapatan secara mandiri.

4. Mulai Sisihkan Dana dan Investasikan

Selanjutnya bisa dengan mulai menyisihkan dana untuk menabung dan mengalokasikan dalam wujud investasi. Sehingga uang bisa berkembang mengikuti pergeseran waktu.

Pasalnya jika hanya dengan mengandalkan tabungan saja tentu akan sangat kurang dan bisa menyusut seiring perkembangannya. Anda bisa berinvestasi emas, saham, atau yang lainnya.

5. Menerapkan Gaya Hidup Sederhana

Pastikan gaya hidup sederhana dan tidak berlebihan. Walaupun memiliki pendapatan yang melebihi kebutuhan Anda.

6. Menghindari Hutang dan Segera Melunasi Hutang

Hindari untuk berhutang terkait dengan kebutuhan sekunder atau hanya pemenuh keinginan saja. Seperti berhutang membeli motor, mobil, dan sebagainya. Apabila memiliki hutang bisa dengan mencoba mulai melunasinya.

Sisihkan dari bagian pendapatan khusus untuk membayar hutang. Apalagi jika hutang kepada pihak lembaga keuangan yang memiliki bunga.

7. Mengembangkan Potensi Diri

Selain itu perlu sekali untuk mengembangkan diri pada hal-hal yang Anda sukai. Tentunya menyesuaikan passion supaya bisa semakin berkembang menjadi lebih baik.

Nah itulah beberapa informasi terkait dengan tips mengelola keuangan untuk membangun financial freedom. Yuk, mulai dari sekarang lakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda