Pemprov Tegaskan Pelaksanaan DWG G20 Tetap Diadakan di Belitung

  • Update Jumat, 15 Juli 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 589 kali

Bangka Belitung, 15-07-2022 | Sarwamedia.com

Perhelatan pertemuan Development Working Group (DWG) G20 di Belitung yang akan dilaksanakan pada 7-9 September 2022 mendatang sempat mendapat sorotan publik, Kamis (14/07/2022) setelah beredar kabar bahwa kegiatan tersebut dibatalkan oleh Mensetneg Pratikno. Sontak informasi tersebut menghebohkan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Pemprov Babel menegaskan bahwa agenda pelaksanaan pertemuan DWG G20 di Belitung akan tetap dilaksanakan sebagaimana dijadwalkan. Hal ini ditegaskan oleh Sekda Provinsi Babel Naziarto usai melakukan rapat daring yang dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Babel Ridwan Djamaludin.

"Intinya, di dalam zoom meeting tersebut, G20 pertemuan tingkat menteri di Babel, khususnya di Belitung tetap berlangsung, tidak dibatalkan," tegas Naziarto.

Dalam rapat daring tersebut dihadiri berbagai pihak, yakni Menteri Sekretaris Negara, Menteri PUPR, Kemenko Marves, Bappenas, Angkasa Pura di Bandara Depati Amir dan Bandara Hanandjoeddin, unsur Forkopimda Babel, serta kepanitian acara dari Pemkab Belitung dan Belitung Timur.

Naziarto menjelaskan, bahwa surat yang beredar kemarin merupakan surat yang ditujukan kepada Menteri PUPR oleh Mensetneg terkait permohonan izin prakarsa penyusunan rancangan peraturan presiden tentang percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional di Belitung.

"Sementara keterangan dari Kementerian Setneg, atas surat tersebut maksudnya bukan membatalkan tentang pelaksanaan G20 di Belitung. Tetapi surat tersebut masih ada konteksnya dengan poin nomor satu, untuk perubahan terhadap peraturan Perpres itu yang dibatalkan, tidak bisa dikabulkan permintaan Menteri PUPR kepada Mensetneg agar di dalam pelaksanaan pemuatan pembiayaan infrastruktur berhubungan dengan G20. Tidak bisa mengikuti seperti provinsi lain seperti Bali, tidak dapat melakukan pembiayaan sarana dan prasarana dengan cara penunjukan langsung, tetapi harus dilakukan melalui aturan hukum yang berlaku pada perpres tentang pengadaan barang dan jasa," lanjut Naziarto.

Lebih lanjut Naziarto menegaskan bahwa dalam segi persiapan infrastruktur, Pemprov Babel dan Pemkab Belitung sudah siap.

"Kita sudah siap, intinya dari tempat perhelatan, pihak PLN sudah siap, tambahan daya, hanya saja agak terganggu dengan adanya surat itu, diketahui pihak PLN Pusat, akhirnya terjadi muncul pertanyaan jadi atau tidak. Tapi Insyaallah dengan adanya seperti ini tadi, tidak ada halangan," jelasnya.

Sementara itu, dari pihak Kementerian PPN/Bappenas juga menegaskan bahwa pertemuan DWG G20 di Belitung pada 7-9 September 2022 nanti dipastikan akan tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

"Saya telah konfirmasi ke Menteri Bapennas, dia kaget karena dirinya tidak pernah memberikan statement adanya pembatalan, melainkan mendukung penuh pelaksanaan DWG G20 Belitung Nanti beliau akan memberikan klarifikasi terkait hal tersebut," tegas Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Scenaider Siahaan.

Perwakilan dari Mensetneg Hayu Sihwati Lestari juga memberikan klarifikasi terkait informasi yang beredar kemarin. 

"Sehingga bukan maksud kami membatalkan kegiatan DWG G20 Belitung, kami hanya memastikan Perpres tidak perlu dilakukan khusus untuk substansi Kementerian PUPR," jelasnya. (Owi)

Dikutip dari: Pos Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda