Aan Minta Panpel Pilkades Serentak Bekerja Profesional, Jangan Ada KKN

  • Update Jumat, 25 Februari 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 590 kali

Belitung Timur, 25-02-2022 | Sarwamedia.com

Bupati Beltim Burhanudin (Aan) meminta Panitia Pilkades Serentak di Beltim bekerja secara profesional dan tanpa rekayasa.

Selain itu, ia juga meminta Panitia tidak melibatkan sisi subjektifitas dalam penilaian seleksi, termasuk jangan menimbulkan gesekan di masyarakat dengan cara pahami aturan dan mekanisme prosedur Pilkades.

Hal ini ditegaskan, ketika diwawancarai usai melakukan monitoring pelaksanaan seleksi tertulis calon Kepala Desa yang melebihi batas maksimal pencalonan per Desa. Total ada sebanyak 29 orang bakal calon kepala desa mengikuti seleksi tertulis di Auditorium Zahari MZ, Manggar, Kamis (24/2).

Tahun ini ada empat desa yang calonnya melebihi batas maksimal yaitu Desa Baru, Desa Batu Penyu, Desa Senyubuk, dan Desa Simpang Pesak.

“Jangan mentang-mentang ada saudara ikut jadi condong ke salah satu calon. Jangan nodai demokrasi kita dengan hal-hal buruk seperti itu. Rakyat yang sepenuhnya menentukan,” tegas Aan.

Aan juga memastikan soal seleksi calon Kepala Desa masih tersegel dan tidak diketahui soal dan jawabannya. Bahkan, seleksi tertulis juga melibatkan kepolisian guna melakukan pengawasan dan menjamin keamanan selama tes berlangsung.

“Soal dibuat oleh lembaga yang ditunjuk tadi kita lihat bersama masih disegel. Pelaksanaan juga diawasi oleh polisi dari sini dan Polda termasuk panitia pengawas,” katanya.

Aan juga berpesan pada calon Kepala Desa secara keseluruhan agar jangan melakukan kampanye hitam menyudutkan calon lainnya. Karena dia menegaskan setiap calon pasti ada kurang dan lebih tidak ada manusia sempurna.

“Mari kita saling hargai dan hormati, itu sifat-sifat orang melayu. Setelah pemilihan nantinya juga jangan saling benci. Ayo kita sukseskan Pilkades yang aman dan lancar,” ajak Aan sembari mengimbau cakades agar melakukan kampanye menerapkan protokol kesehatan di masa gelombang ketiga Covid-19 ini.

Di tempat yang sama, Kabid Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintah Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Beltim Melta Indah Nurhayati mengatakan, bagi mereka yang lolos seleksi tertulis ini akan langsung jadi calon kades di desanya.

Namun jika masih kurang dari lima yang lulus, maka akan dilakukan seleksi tahap dua yakni berdasarkan poin dari pendidikan, umur, dan pengalaman di dunia pemerintahan.

“Seleksi ini ada minimal nilai 65. Jadi harus lewat nilai itu baru lolos. Kalau tidak maka lanjut ke tahap dua. Nanti baru dikalkulasi,” kata Melta.

Melta menambahkan bahwa tes ini hanya sebagai pengerucutan calon kades yang di desanya lebih dari lima orang. Sedangkan desa yang sudah memiliki cakades maksimal lima orang tidak perlu lagi mengikuti seleksi ini. (*)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda