Angin Puting Beliung Hantam 18 Rumah di Belinyu

  • Update Senin, 17 Oktober 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 156 kali

Bangka, 17-10-2022 | Sarwamedia.com

Angin puting beliung menghantam sebanyak 18 rumah di Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka pada Sabtu (15/10/2022) lalu. Alhasil sebanyak 18 rumah yang dihantam oleh angin puting beliung ini atapnya berterbangan. 

Mendapati laporan kejadian angin puting beliung tersebut, anggota Polsek Belinyu bersama-sama dengan BPBD Bangka dan staf Kecamatan Balinyu dan staf Desa Gunung Pelawan langsung mendatangi lokasi kejadian. Selanjutnya bersama-sama dengan warga swtempat memasang tenda darurat untuk menutup bagian atap rumah yang terbang terbawa angin.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian puting beliung di Desa Gunung Pelawan, namun ada 18 rumah yang mengalami kerusakan bagian atap akibat terjangan angin, serta 1 orang warga mengalami lecet akibat terkena jatuhan atap," ungkap AKP Arief Buwono selaku Kapolsek Belinyu.

Peristiwa angin puting beliung ini bermula ketika terjadi hujan deras di wilayah tersebut, sehingga membuat warga memilih untuk tetap berada di dalam rumah lantaran hujan deras tersebut. Namun sesaat kemudian suara angin yang bergemuruh sontak mengejutkan warga.

Selanjutnya angin puting beliung langsung menerjang belasan rumah warga disana, namun warga belum bergeming, lantaran saat kejadian berlangsung petir masih menyambar. 

Setelah situasi mereda, dilakukan pendataan. Diketahui akibat kejadian ini sebanyak 18 rumah warga atapnya hilang terbawa angin. Selain itu, seorang warga bernama Abdul Muis mengalami luka lecet akibat kejadian ini karena terkena reruntuhan asbes atap rumah yang jatuh.

"Masyarakat harap waspada karena hujan lebat disertai angin kencang dan petir kerap turun belakangan," pungkas AKP Arief Buwono. 

Dikutip dari: Pos Belitung

Form Komentar
Komentar Anda