Angin Puting Beliung Mengamuk di Manggar

  • Update Senin, 26 September 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 268 kali

Belitung, 26-09-2022 | Sarwamedia.com

Angin Puting Beliung mengamuk di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Jumat (23/09/2022) pagi hari tatkala hujan deras membasahi bumi. Akibatnya, sebanyak empat rumah warga di tiga desa Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) rusak dihajar angin puting beliung tersebut.

Bahkan, sangking hebatnya angin mengamuk, dalam musibah tersebut sang angin mampu menerbangkan empat atap rumah warga hingga jaraknya puluhan meter. Dari empat rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut dua berada di Desa Mekar Jaya, satu di Desa Lalang Jaya dan satu di Desa Lalang, Kecamatan Manggar.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa akibat kejadian mengamuknya alam tersebut. Namun kerugian materi akibat kerusakan empat rumah warga tersebut ditaksir mencapai puluhan jutaan rupiah. Merespon kejadian tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Beltim Khairil Anwar yang kebetulan ada di tempat langsung meninjau lokasi bencana, tepatnya di Jalan Semutok. Desa Lalang Jaya dan Desa Mekar Jaya.

Saat melakukan peninjauan, Wabup memberikan dukungan dan menangkan warga yang tertimpa musibah. Beliau juga memberikan bantuan kepada warga korban musibah angin puting beliung. Salah satu warga yang menjadi korban bencana adalah Afandi (40), ia menuturkan pada saat kejadian angin bertiup kencang dan hujan turun dengan deras saat itu dia tengah duduk bersantai dan mendapati Atap rumahnya terbang sejauh 50 meter.

“Kejadiannya jam 9 tadi kira-kira. Lagi duduk-duduk nunggu hujan, tiba-tiba atap seng di rumahnya berbunyi kencang terbang empat seng di atas itu,” ungkap warga Desa Mekar Jaya tersebut

Akibat atap rumah yang terbang kata Afandi rumahnya akhirnya tergenang air. Namun dengan sigapnya sang wabub Ia mengucapkan terima kasih karena sudah peduli terhadap musibah yang dialaminya dan warga lainnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Wabub sudah peduli dengan keadaan kami,” ucapnya

Sementara itu, BPBD Kabupaten Beltim mendata ada empat rumah warga di Kecamatan Manggar rusak akibat hujan deras serta angin kencang sejak pukul 05.00 WIB. Selain merusak rumah warga, hujan deras disertai angin kencang juga ikut menumbangkan dua pohon besar di kawasan Bukit Samak Desa Lalang. (redaksi)

Form Komentar
Komentar Anda