Bantu Pemdes, Pemkab Beltim Launching Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes

  • Update Rabu, 15 Juni 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 109 kali

Belitung Timur, 15-06-2022 | Sarwamedia.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) dalam rangka mempercepat laporan keuangan desa, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) meluncurkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.04 dan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) yang berbasis online

Acara launching kedua aplikasi tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, di Gedung Pertemuan Kantor Camat Simpang Pesak, Selasa (14/06/22).

Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes ini ditujukan kepada aparat Pemerintah Desa (Pemdes) untuk membantu dan mempermudah dalam tata kelola keuangan desa, mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, penatausahaan hingga tahap pelaporan/pertanggungjawaban. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Siskeudes V.2.04 pada (09/03/22) di Jakarta.

Seizin dari Kepala PLT DSPMD, Kepala Bidang Penataan, Kerjasama, Administrasi Pemerintahan Desa Melta Indah Nurhayati menjelaskan bahwa Kabupaten Beltim telah melaksanakan Aplikasi Siskeudes offline secara penuh sejak tiga tahun terakhir dan sekarang sudah bisa digunakan secara online berkat kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Beltim.

"Sejak tiga tahun terakhir kita sudah menggunakan Siskeudes, hanya saja metode penggunaan yang semulanya offline, sekarang kami membuat terobosan menjadi online sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Daerah untuk mencapai nilai sempurna dalam indikator tertib pengelolaan keuangan Desa 2022," kata Melta.

Melta mengakui dalam implementasinya Siskeudes offline dipandang kurang efektif dalam pengelolaan keuangan karena pengoperasiannya masih manual seperti proses ekspor impor, mobilitas tinggi, tidak efektif waktu dan potensi data eror yang lebih tinggi.

"Dengan adanya aplikasi online ini, pihak Desa akan dimudahkan dalam proses penginputan data secara real time, lebih akuntabel yang sudah terkoneksi secara digital/online dengan kami, serta pihak Inspektorat juga sudah bisa melakukan pengawasan keuangan Desa kapan saja dan dimana saja," ujarnya.

Hadirnya Siskeudes dan Siswaskeudes online diharapkan untuk pihak Desa agar terbiasa dalam pemanfaatan teknologi, percepatan pengelolaan keuangan Desa dengan efektivitas tinggi dan membangun teamwork Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa yang akuntabel, transparan dan disiplin anggaran.

"Harapan kami dalam pelaksanaan ini, Desa lebih akuntabel, tidak banyak temuan-temuan yang justru akan merugikan pihak Pemerintah Desa dan untuk seluruh Kepala Desa di Kabupaten Beltim untuk segera membangun teamwork Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa yang berintegritas dalam mengelola keuangan Desa," pungkasnya (Triya/One)

Sumber: diskominfo Beltim

Form Komentar
Komentar Anda