Buang Sampah Dapet Emas

  • Update Rabu, 15 September 2021
  • Daerah
  • Dilihat : 1062 kali

Tanjungpandan, 15-09-2021, Sarwamedia.com - Berita Gembira buat Ibu - ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan Uang Tunai atau emas murni. Atau membantu suami mendapatkan pendapatan untuk Rumah Tangga, dan asiknya caranya sangatlah gampang tidak perlu capek-capek. Kerjanya hanya mengumpulkan sampah lalu memilahnya dan mengantarkannya ke Dinas Kebersihan setiap hari sambil pergi ke pasar Tanjungpandan, sebab Kantor Dnas berada di Jalan RE. Martadinata. 

Namun sebelum di antarkan sampah yang setorkan ke Bank Sampah milik Dinas tersebut. Yang bernama Bank Sampah Akar Berebat. 

"Sampah yang di antar akan di catat petugas setiap harinya. Dan nanti jika sudah banyak pas kita hitung bisa di konversikan dengan harga emas. Warga yang menabung sampah.akan kita hubungi. Atau jika mau uang tunai silakan langsung datang ke kantor. Untuk mengecek berapa uang tunai yang di dapatkan." Demikian yang di ungkapkan Lutfi Kabid kebersihan seizin Kepala dinas Edi Usdianto di ruangannya kemarin. (14/09/2021).

Menurut Lutfi, di bentuknya Bank Sampah dengan taqline Menyelesaikan masalah menjadi Berkah. Tujuannya memang untuk menuju Belitung bersih dengan bantuan masyarakat, dan sebagai ucapan terima kasih pihak Dinas memberikan bonus untuk masyarakat yang berpartisipasi membuat bersih kota.

"Dulu, bonus yang kita berikan dalam bentuk sembako tapi sekarang kita ganti dengan uang tunai atau emas.agar masyarakat lebih bersemangat untuk bersih-bersih dan tidak membuang sampah sembarangan." Ujarnya.

Bekaitan dengan masalah sampah. Menurut Lutfi saat ini jumlah sampah yang di hasilkan oleh masyarakat sangatlah banyak yakni 40 ton dalam sehari. Di mana terdiri dari sampah organik, maupun non-organik, dimana selanjutnya sampah tersebut di buang ke TPA di Daerah Gunung Sadai.

Kembali ke masalah Bank Sampah, Lutfi menjelaskan pihaknya minta maaf baru bisa menempatkan satu tempat untuk penerimaan tabungan sampah. Masyarakat yang jauh tempatnya dari kantor dinas tidak perlu berkecil hati sebab perencanaan pengembangan untuk bank sampah ke depan. Tempat menabung sampah cabangnya akan di adakan di setiap desa dan kelurahan, dan cara kerjanya sama. Yaitu, masyarakat tinggal menyetorkan sampah yang sudah di pilah- pilah petugas akan mencatat namanya sebagai nasabah Bank sampah Akar Berebat.(One)

Form Komentar
Komentar Anda