Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kampong Damai

  • Update Rabu, 13 April 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 626 kali

Belitung, 13-04-2022 | Sarwamedia.com

Warga Jalan Bambang Utoyo, Gang Rambutan, Kelurahan Kampung Damai kembali heboh pasalnya Bunga Bangkai kembali mekar di kediaman salah satu warganya yang bernama Yusman yang berada di belakang kantor PLUT Kabupaten Belitung.

Seperti kita ketahui Bunga bangkai Ini termasuk bunga yang cukup langka karena Bungai bangkai memiliki ukuran yang sangat besar ketika sedang mekar. Bunga bangkai dalam bahasa Latin disebut Amorphophallus titanium.

Tumbuhan ini sudah sangat terkenal di masyarakat karena memiliki perbungaan yang sangat besar dan merupakan tumbuhan dengan perbungaan terbesar di dunia.

Informasi yang berhasil di himpun di lapangan bunga bangkai tersebut sudah mekar maksimal beberapa hari yang lalu dan saat ini dalam proses layu.

Walaupun bunganya bisa bertahan satu bulan dan kata warga tumbuhnya bunga bangkai ini sudah ketiga kalinya tumbuh di sekitar halaman rumahnya hanya tempatnya agak sedikit berbeda pertumbuhannya berlangsung setiap 3 tahun sekali.

"Sekitar lima hari lalu masih sedang mekar. Ia hanya biasanya bisa bertahan sekitar sebulan terus hilang karena layu,” jelas Yusman

Ia menambahkan, bunga tersebut bukan pertama kalinya tumbuh di halamanan rumahnya.

Amorphophallus titanium, termasuk keluarga Araceae (talas-talasan) dan merupakan tanaman asli Indonesia, endemik dari Sumatera.

Tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Odoardo Beccari, seorang ahli botani dari Italia pada tahun 1878. Ia menemukan tumbuhan ini di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.

Sekitar lima hari lalu masih sedang mekar. Ia hanya bisa bertahan bekisar satu bulan, bunga tersebut akan hilang sendirinya karena layu,” terang Yusman

Ia mengatakan, bunga tersebut bukan pertama kalinya tumbuh di halamanan rumahnya.

Ini untuk yang ketiga kali, bekisar satu tahun sekali dengan posisi yang berbeda tempat,” kata dirinya. (redaksi/One)

Form Komentar
Komentar Anda