Bupati Belitung Ingatkan Masalah Pengelolaan Sampah Kepada 14 Kades Terpilih saat Pelantikan

  • Update Selasa, 30 Agustus 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 111 kali

Belitung, 30-08-2022 | Sarwamedia.com

Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos atau akrab disapa Sanem hari ini Selasa (30/08/2022) resmi melantik 14 orang Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades Serentak 2022 lalu. Sebelum dilantik di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, para Kades terpilih ini dilepas menggunakan prosesi adat oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitong. Prosesi ini dimulai dari pembacaan doa, iring-iringan dari rumah adat menuju lokasi pelantikan dengan iringan hadera, berebut lawang hingga penyerahan tipak.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Belitung mengingatkan dengan tegas kepada para Kades terkait masalah pengelolaan sampah. Hal ini terutama masalah pengelolaan sampah di wilayah masing-masing.

"Problem dari hal pembangunan sekarang ini adalah penanganan masalah sampah. Jadi saya arahkan di desa harus ada komunitas yang khusus menangani masalah sampah," ujar Sahani Saleh.

Lebih lanjut, Sanem menegaskan bahwa masalah pengelolaan sampah bukan hanya sekedar dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) saja. Melainkan daripada itu, harus dipisahkan dan diolah baik sampah organik maupun non-organik sehingga bisa menambah nilai ekonomi. 

"Sampah ini sekarang menjadi masalah dunia bukan kita saja. Karena menimbulkan dampak lingkungan," lanjut Sanem.

Selain masalah pengelolaan sampah, Sanem juga mengingatkan kepada para Kades yang dilantik untuk taat dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan. Sanem menegaskan bahwa dirinya tidak akan memberikan toleransi kepada para oknum Kades yang terkena masalah hukum karena penyalahgunaan dana desa.

"Semuanya sudah ada aturan, tinggal dijalankan saja. Saya tidak akan toleransi kalau masalah keuangan. Kalau terjadi, langsung proses saja secara hukum," pungkas Sanem. (redaksi)

Dikutip dari: Pos Belitung

Form Komentar
Komentar Anda