Bupati Dukung Kegiatan Endek Street Market

  • Update Sabtu, 2 April 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 369 kali

Belitung, 02-04-2022 | Sarwamedia.com

Bulan puasa tahun 2022 telah ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada Hari Minggu (03-04-2022). Masayarakat muslim di Kabupaten Belitung sangat antusias dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443H tahun 2022 ini, tidak terkecuali juga panitia Endek Street Market.

Endek Street Market siap kembali menyapa masyarakat untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan tahun 2022 ini. Endek Street Market merupakan gelaran kegiatan yang menghadirkan beragam makanan dan minuman untuk dinikmati oleh masyarakat saat berbuka puasa dan malam hari. Kegiatan yang dilakukan secara swadaya oleh Anak-anak muda di Kabupaten Belitung in merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilakukan. Kegiatan ini rencananya akan dilangsungkan dari tanggal 04-04-2022 sampai dengan tanggal 30-04-2022, atau sekitar 3 minggu selama bulan Ramadhan. Kegiatan Endek Street Market ini buka setiap harinya selama masa pelaksanaan dari jam 17.00 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB.

Panitia Endek Street Market pada suatu kesempatan telah menemui Bupati Belitung, Bapak H. Sahani Saleh, S.Sos., sebagai bentuk silaturahmi dan meminta dukungan beliau untuk melaksanakan kegiatan Endek Street Market tersebut. Bak gayung bersambut, Bupati Belitung H. Sahani Saleh pun merestui berjalannya kegiatan Endek Street Market tahun ini dan juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Beliau juga berpesan kepada panitia agar melaksanakan kegiatan ini dengan tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

"Pada dasarnya kami mengapresiasi niatan para pemuda yang hendak melaksanakan kegiatan dalam memeriahkan Bulan Suci Ramadhan. Namun, saya pesankan agar tertib dalam melakukan kegiatan, dan selalu mematuhi protokol kesehatan," pesan H. Sahani Saleh kepada panitia Endek Street Market.

Selain itu, beliau juga memesankan agar tidak mengganggu ketertiban umum dan menghargai warga sekitaran lokasi kegiatan.

"Jangan sampai terlalu larut malam melangsungkan kegiatan, karena disana masih banyak penduduk. Mereka ingin beristirahat pada malam hari. Saling menjaga ketertiban dan saling menghargai," pungkas H. Sahani Saleh.

Dalam hal melaksanakan kegiatan Endek Street Market ini juga, panitia mendapuk Bupati Belitung, H. Sahani Saleh sebagai penasehat kegiatan. Hal ini dilakukan agar komunikasi antara panitia dan Bupati terus berjalan dengan baik selama kegiatam. Selain itu juga agar Bupati dapat mengarahkan dan memantau secara langsung keberlangsungan kegiatan. Serta dapat melakukan koreksi secara langsung apabila selama berlangsugnya Endek Street Market ini terdapat kekeliruan yang terjadi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua DPD KNPI Kabupaten Belitung juga turut serta mendampingi panitia. Ketua DPD KNPI Kabupaten Belitung M. Hafrian Fajar, S.M., atau yang biasa disapa bang Jarwo menjelaskan bahwa pak bupati sangat mendukung acara Endek Street Market ini. Karena disampaikan kepada Bupati bahwa Endek Street Market adalah bentuk wadah untuk menyalurkan kreatifitas pemuda dari berbagai sektor, semisal UMKM, seni budaya, dan mengangkat nilai nilai kebaikan dalam berinteraksi sosial serta juga membangun nilai kepercayaan diri untuk bangga membeli produk lokal.

"Kami sangat berterimakasih kepada Bapak H. Sahani Saleh yang telah memberikan dukungan kepada panitia pelaksana Endek Street Market ini. Karena dengan berlangsugnnya kegiatan ini, merupakan sebuah bentuk apresiasi pemerintah daerah bagi para pemuda untuk menyalurkan kreatifitasnya," ungkap Jarwo.

Di sisi lain, pasca pandemi ini perlu ada percepatan pembangunan ekonomi kepada masyarakat, yang salah satu indikatornya adalah perputaran uang yang cepat dan besar dalam sektor perdagangan. Selain itu, sektor sosial mengarakhan pemuda agar beraktifitas positif, tidak ugal-ugalan di jalan, tidak mabuk-mabukan dan lain sebagainya. Akan tetapi pemuda lebih menikmati suasana ramadhan dengan suguhan sasana kota tua, pameran UMKM yang kreatif, dibalut dengan acara acara yg inovatif, progresif seperti bedah film, diskusi publik, penampilan seni dan lain-lain. Yang terpenting adalah masyarakat harus datang dan pasti terhibur oleh acara Endek Street Market.

"Kita harapkan melalui kegiatan ini, suasana Ramadhan di Kabupaten Belitung menjadi kondusif dan tertib. Karena melalui kegiatan ini, para pemuda berkumpul dan bersuka ria, serta meninggalkan kegiatan-kegiatan negatif, berganti menjadi menjalankan Ramadhan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan positif," pungkas Jarwo.

Hafizh Anugrah Pratama selaku Ketua Panitia Endek Street Market pada kesempatan yang sama juga menambahkan. 

"Ada sekitar 30 UMKM anak muda yang ikut memeriahkan Endek Street Market, acara ini berlangsung selama 3 minggu. Tidak hanya UMKM makanan dan minuman, ada juga tenant clothing brand-brand lokal anak muda belitung. Semoga Endek Street Market bisa menjadi kegiatan tahunan yang selalu di tunggu-tunggu masyarakat khususnya pada saat bulan suci Ramadhan," tutur Hafizh.

Hafizh juga menegaskan, agar nantinya selama kegiatan ini berlangsung, baik panitia, tenant dan juga semua pengunjung agar menjalankan protokol kesehatan demi kebaikan bersama. (Owi)

Form Komentar
Komentar Anda