ETSDC Tawarkan Peluang Merevitalisasi Pariwisata melalui Platform Digital Teknologi.

  • Update Senin, 27 September 2021
  • Daerah
  • Dilihat : 1139 kali

Tanjungpandan, 23-09-2021 | Sarwamedia.com - Chairman Enviroment Tourism and Social Development (ETSDC) Nicolaus Lumanauw, Ph.D beserta jajaran ETSDC mengadakan kunjungan ke Bupati Belitung beserta jajaran SKPD terkait untuk membicarakan kondisi kepariwisataan nasional dan masa depan kepariwisataan di Pulau Belitung. Efek pandemi yang berkepanjangan diakui cukup membuat aktivitas kepariwisataan lumpuh dan diperlukan suatu solusi untuk mengintervensi keadaan melalui suatu peranti teknologi yang tepat. Dimana ada keseulitan disitu pasti ada celah untuk memperbaiki dan melakukan peningkatan kinerja.

"Belitung jangan khawatir, sekarang pariwisata nasional bahkan global sedang berada pada titik nol, saya cukup senang dengan adanya Chatastropic Risk akibat pandemi ini, karena semua pihak berupaya dari titik nol untuk memajukan pariwisata, asalkan kita bersiap lebih awal dengan sungguh-sungguh, kita (belitung) akan leading." Ungkap Nicolaus Lumanauw.

Ia menceritakan sejarah panjang dunia kepariwisataan yang sebetulnya akrab dengan teknologi telekomunikasi dalam perkembangan nya dahulu, namun sekarang sangat tertinggal dalam memanfaatkan teknologi informasi, dimana sekarang banyak sektor beralih ke tansformasi digital.

Memahami kesulitan-kesulitan akbibat efek pandemi yang berkepanjangan, ETSDC hadir menawarkan konsep pengembangan baru untuk mengakomodasi kegiatan kepariwisataan dalam kerangka platform digital secara terintegrasi. Segala aspek penunjang kepariwisataan hadir melalui content virtual dalam platform inaconvex besutan ETSDC. Beberapa fitur diantaranya adalah Virtual Office, U Directory dalam menunjang pemasaran produk UMKM, Tranvel agency, Hotel, Handcrafts dan produk lainnya. Disamping itu ETSDC mencoba mengapresiasi keberadaan sanggar seni yang akan di tampilkan kedalam relung virtualnya melalui virtual exhibition agar aktivitas para seniman bisa terus eksis menampilkan kreasi seninya.

Bupati Belitung, Sahani Saleh S.Sos. mengapresiasi inisiasi yang disampaikan oleh ETSDC dan menyampaikan ke jajarannya agar mendukung penuh rencana realisasi terutama pada aspek "Man Power" yang akan menjadi partisipan platform digital. "Sekarang Belitung sudah berstatus Global Geopark, jadi saya harap bukan hanya status lahannya saja Global melainkan aspek manusia nya juga harus berwawasan Global." Pesan Sahani Saleh mengawali tanggapan pemaparan dari ETSDC.

Tanggapan senada juga disampaikan oleh Sekda Belitung MZ.Hendra Caya, S.E, M.Si. yang akan mengupayakan jajaran nya untuk mendukung penuh aktualisasi program yang disampaikan. Ia juga mengapresiasi Chairman ETSDC , Nicolaus Lumanauw, Ph.D yang terus mendedikasikan pemikiran untuk kemajuan pembangunan di pulau Belitung.

Diakhir pertemuan ETSDC menyampaikan dokumen perencanaan program awal Dengan tema
“Tourism Fiesta Digital”, event ini akan diselenggarakan dengan mengambil tempat pertama sebagai kick-off adalah Belitung, sekaligus menjadikan Belitung sebagai suatu model program yang kemudian dapat diikuti oleh daerah-daerah lain.

Bentuk kegiatan-kegiatanya adalah Seminar, Business Exchange, dan Pagelaran Seni dan Budaya. Kegiatan ini diselenggrakan dengan mempergunakan Platform Digital INACONVEX.

Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh tourism stakeholder dan UMKM, serta seni dan budaya yang akan ditayangkan secara “live” melalui teknologi “realtime virtual show” pada waktu bersamaan untuk menayangkan potensi product yang ada.

Dengan langkah strategis dalam merevitalisasi Pariwisata diharapkan terjalin kerja sama yang solid antara pemerintah, Masyarakat dan ETSDC untuk merespon perubahan global akibat pandemi Covid-19. Pulau Belitung menjadi penting karena menjadi entry point perubahan yang dibangun yang diharapkan akan berdampak bagi perkembangan pengembangan dunia pariwisata di daerah lain. (Red)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda