Gemawira Pulau Belitong audiensi dengan pemerintah daerah Kabupaten Belitung Timur

  • Update Jumat, 30 Desember 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 102 kali

Belitung Timur, 30-12-2022 | Sarwamedia.com

Selasa 27 Desember 2022 rombongan pengurus Gemawira Pulau Belitong dan Belitung Timur melaksanakan audiensi dengan pemerintah daerah Kabupaten Belitung Timur terkait pelaksanaan giat Bazar UMKM mandiri Gemawira Pulau Belitong yang diselaraskan dengan genap setahun berdirinya Gemawira Pulau Belitong dan Belitung Timur di Negeri Laskar Pelangi Belitong ini. Dalam hal ini disambut oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar yang didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Belitung Timur Gustaf Pilandra dan juga kaur keuangan Pemdes Selinsing.

Haryanto selalu ketua Gemawira Pulau Belitong menyampaikan tentang keberadaan gemawira pulau Belitong baik di Tanjungpandan maupun dibeltim sudah ikut berperan sebagai pendamping UKM kepada pelaku UMKM yang ada di negeri Laskar Pelangi ini. Selain itu Haryanto yang akrab disapa Pakcik ini berharap Pemkab Beltim dapat ikut berpartisipasi dengan mensupport kawan2 pelaku UMKM dari Beltim dalam rangka kegiatan bazar UMKM yg dilaksanakan oleh Gemawira Pulau Belitong secara mandiri sebagai bentuk dukungan untuk pelaku UMKM dibeltim untuk bisa memasarkan produknya ditanjungpandan dalam skala besar yang sebelumnya biasa melaksanakan bazar hanya di Manggar saja. Selain itu Pakcik berharap dari masing-masing elemen pemerintah daerah dan pelaku usaha mengupayakan penyatuan ekonomi kerakyatan berkelanjutan dengan konsep menggali potensi alam sebagai produk andalan dan ikon belitong.

Lebih lanjut Istanti Safitri yang juga pendamping Kominfo dan pembina gemawira pulau Belitong berharap Pak Bupati atau Wabup mewakili pemerintah daerah dalam hal ini dengan Pak Kadin UKM Beltim juga bisa menyempatkan hadir dalam bazar mandiri gemawira Pulau Belitong yang dikemas FGD UMKM dan Dari Kepala Daerah dan Pak Kadin bisa sebagai salah satu narasumber di FGD yang dibuat setiap hari selama pelaksanaan bazar dengan tema yang berbeda untuk membuat semakin menarik perhatian pengunjung dan pelaku UMKM yang hadir. Dan FGD UMKM ini akan diisi oleh narasumber yang punya kapasitas dan keahlian untuk bisa memotivasi semangat dari pelaku UMKM dan pengunjung sendiri.

Gustaf Pilandra dalam kapasitas sebagai kepala dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Belitung Timur menyampaikan di Belitung Timur kita mengapresiasi dan juga memberikan porsi dukungan ke beberapa organisasi yang ikut bersama dgn OPD Kami untuk mendampingi pelaku UMKM di Belitung Timur ini. Dan menyampaikan bahwa berdasarkan data yang diperoleh bahwa di Belitung Timur ini masih kekurangan bahan baku ketika permintaan banyak dari buyer untuk ekspor. Harapan kamek dengan adanya organisasi dan komunitas UMKM ini dapat membantu tugas dan peran pemerintah daerah dalam hal ini dinas UKM di Beltim tentunya. Kami bisa membantu pendampingan untuk pengembangan usaha mereka dengan mencoba menggandeng perbankan dan pihak PT.Timah yang menjadi binaan dari pelaku UMKM ini.

Dalam suasana penuh keakraban dan santai ini, Khairil Anwar Wakil Bupati Belitung Timur dan Gustaf Pilandra Kadisnaker, koperasi dan UKM Beltim juga disuguhkan menu sirup markisa buatan dari anggota Gemawira Beltim yang ini juga sudah beberapa kali dijajaki pertemuan untuk kerjasama dengan Pemdes Selinsing Kecamatan Gantung Belitung Timur. Khairil Anwar menyampaikan bahwa ia mengapresiasi kehadiran kawan gemawira pulau Belitong untuk bersilaturahmi dan menyampaikan apa bisa dikolaborasikan bersama Pemkab Belitung Timur. Dan berharap pendampingan dari gemawira untuk kerjasama dengan Pemdes Selinsing terkait budidaya tanaman markisa ini merupakan suatu langkah inovasi dalam menggerakkan perekonomian ibu PKK sebagai pemasukan sampingan karena kita tau Belitung Timur ini masih belum bisa jauh dan masih tergantung kepada tambang timah. Dengan terobosan ini sedikit banyak akan mampu untuk merubah mindset cara berfikir untuk bertani dan berkebun dan salahsatunya ini markisa dan ini harus dikawal oleh kawan2 bersama pemdes Selinsing. Teruslah koordinasi dengan pemerintah daerah dan dinas terkait apa yang bisa dikolaborasikan secara berjamaah untuk kita memajukan UMKM di Belitung Timur kami dukung sepenuhnya sebatas kemampuan dari anggaran pemerintah daerah tentunya.

Terakhir Bambang Suherly ketua Gemawira Beltim yang membawa rombongan pengurus Gemawira Pulau Belitong dan Belitung Timur berharap dari pertemuan ini mendapatkan arahan dan masukan serta dukungan dari Pemerintah Daerah Belitung Timur dalam kegiatan Gemawira ini dan juga mendampingi pelaku UMKM yang salahsatu merupakan ibu ibu yang membuat sirup markisa yang punya mimpi Selinsing nantinya tergerak ibu ibu PKKnya untuk membudidayakan tanaman markisa ini menjadi pemasukan tambahan. Dan juga akan segera mengajak Pengurus Gemawira Pulau Belitong untuk bertemu dengan Kades Selinsing dalam rangka pergerakan setelah disepakati kerjasama untuk budidaya tanaman markisa ini.

Form Komentar
Komentar Anda