Jelang Idul Adha, Belitung Kembali Impor Hewan Qurban dari Lampung

  • Update Senin, 13 Juni 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 100 kali

Belitung, 13-06-2022 | Sarwamedia.com

Kebutuhan hewan Qurban untuk persiapan Idul Adha sampai saat ini memang belum bisa diadakan sendiri. Oleh karena itu sampai saat ini Belitong masih impor hewan ternak dari luar daerah misalnya dari Lampung. Seperti yang berlangsung Kamis kemarin (09/06/2022) Sebanyak 71 hewan kurban sapi dan kambing dari Provinsi Lampung tiba di Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung.

Hewan kurban tersebut terdiri dari 21 ekor sapi dan 50 ekor kambing dari Lampung didatangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Belitung dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Suparman bersama petugas dari Balai Karantina saat kedatangan hewan ternak tersebut turun langsung memantau kedatangan puluhan hewan kurban tersebut.

Suparman mengatakan, setibanya di Pelabuhan Tanjungpandan, puluhan ekor sapi dan kambing kurban itu langsung dibawa menuju kandang untuk dimonitor oleh tim Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Berdasarkan pengecekan langsung di lapangan tadi memang kondisi hewan dalam keadaan sehat dan aman,” terang Suparman kepada wartawan.

Dia menjelaskan, DKPP Belitung memperketat pengawasan hewan Qurban guna mengantisipasi penyebaran wabah PMK.

“Pengawasan secara rutin juga kami lakukan secara langsung dari kandang ke kandang dan tempat penjualan hewan kurban,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan dalam kesempatan Idul Adha tahun ini pihaknya tidak mendatangkan hewan kurban dari Provinsi Jawa Timur dan Aceh guna mengantisipasi masuknya wabah PMK tersebut walaupun kebutuhan cukup banyak.

“Kebutuhan hewan kurban tahun ini kambing 1.500 ekor dan sapi 500 ekor,” pungkasnya. (One)

Form Komentar
Komentar Anda