Lembaga Adat Melayu Belitung Lakukan Pelepasan Secara Adat kepada 14 Kepala Desa Terpilih

  • Update Selasa, 30 Agustus 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 500 kali

Belitung, 30-08-2022 | Sarwamedia.com

Sebelum dilantik Bupati Belitung pada hari ini Selasa (30/08/2022) yang bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, 14 kepala desa terpilih dilepas secara adat oleh Lembaga Adat Melayu Belitung (LAMBEL) yang bertempat di rumah adat melayu, jalan A. Yani, Tanjungpandan.

Acara pelepasan secara adat ini dihadiri Kadin DPPKBPMD dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas, Sekretaris Wigman Wudie Setiawan, SH, M.Si, Kabid PMD Antoni Apriza, Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin, dan pengurus LAMBEL. Salman Alfarizi menyampaikan bahwa kegiatan pelepasan secara adat akan mulai dilestarikan sebagai tradisi adat dan budaya kedepan untuk dilaksanakan para prosesi secara adat bagi kepala desa.

Selain pelepasan secara adat, Salman menyampaikan pada pertemuan ini memohon doa bersama bagi 14 kades terpilih ini dapat melaksanakan tugas dengan amanah.

"Kita harapkan para kades Tahu fungsi dan tugas sesuai dengan peraturan. Koordinasi dengan instansti terkait, dalam hal pelaksanaan tugasnya kalau tidak paham dan belum mengerti," ujar Salman.

Pada kesempatan tersebut, lembaga adat melayu Belitung memberikan apresiasi kepada pemerintah khususnya Bupati dan staff karena untuk pertama kalinya melaksanakan pelepasan Kades terpilih secara adat sebelum dilantik oleh Bupati.

Menurut Hadi, ada beberapa makna positif dilaksanakan acara pelepasan Kades terpilih secara adat yaitu :

Pertama, ada keterlibatan/partisipasi LAMBEL dalam pelantikan Kades, artinya peran adat/adab dalam diri seseorang pemimpin (Kades) menjadi penting.

Kedua, Lembaga adat dapat memberikan nasehat, petuah ataupun saran kepada Kades yang sebagai ujung tombak pembangunan masyarakat di Desa.

Ketiga, Lembaga Adat meridhoi dan mendoakan agar para Kades terpilih amanah, selamat dan sukses dalam membangun masyarakat desanya masing-masing.

Dihadapan peserta yang hadir, Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin menyampaikan pesan agar Kades terpilih memegang amanah. Tanggung jawab bukan anugerah diartikan sebagai keberuntungan (mumpung agik jadi kades) sehingga jabatan Kades digunakan untuk mendapatkan dunia dengan seenak- enaknya.

Kedua, Kondisi dunia sekarang ini, yang oleh para ulama disebut masa “akhir zaman”, terjadi banyak godaan, fitnah, baik yang bersumber dari dalam maupun dari luar. Faktor-faktor inilah yang menimbulkan kedzoliman.

"Kades punya Cupu dan tanda tangan (kewenangan), apabila disalahgunakan, salah pakai artinya telah berbuat Dzolim. Kenapa timbul kedzoliman ini? Salah satunya adalah kita kurang paham atau tidak tertib, tidak beradab baik, tertib adab dan hukum negara. Karena itulah tolong Kades-Kades jangan "mansur". Maksudnya dilakukan sendiri, tidak terbuka." ungkap Hadi Adjin.

Secara internal ada staff (Sekdes, Bendahara, Kasi-kasi dan BPD) dilibatkan semua mulai aspek perencanaan sampai dengan pengawasannya. Yang juga dilibatkan pengurus Lembaga Adat Desa, Dukun, Tokoh Agama dan Lebai (Tungkuk Tige)

Ketiga, Bangun, dorong kesadaran kepada masyarakat untuk tidak menambang timah illegal/tidak tertib dan jaga kelestarian lingkungan alam sekitarnya. Tegaskan bahwa fokus pembangunan kab. Belitung yaitu sector pariwisata, Perikanan, Kelautan, Perkebunan, Industri dan Jasa.

Keempat, Jaga lahan kita, kondisinya sudah sangat terbatas. Jangan royal menjual lahan, melepas lahan dalam skala besar, dll. Terkait lahan/tanah tersebut disarankan sistem kontrak dengan demikian lahan/Tanah tetap milik Desa dan atau masyarakat, Jadi masyarakat tidak cepat cepat menjual nya

Kelima pesan Ketua LAMBEL Hadi Adjin dituangkan memakai pesan Tuk Kundo
“IDUP JANGAN BERKHIANAT, HIDUP JANGAN BEKELIT. KALUK BE KE ATAS DAK BEPUCOK, KEBAWAH DAK BERAKAR”

Usai pesan-pesan yang disampaikan Tuk kundo, dilanjutkan dengan LAMBEL menyerahkan 14 Kades terpilih kepada Bupati Belitung ditandai dengan penyerahan Tipak. Tipak ini simbol adat kite urang Belitong sebagai tande sukor dan penghargaan kepada Bupati untuk mempersilahkan Bapak Bupati melantik 14 Kades seKabupaten Belitong sesuai dengan Perda yang berlaku, dengan iringan doa semoga menjadi Kades yang amanah, selamat dan sukses membangun masyarakat desanya masing-masing, terima kaseh.

Dibawah ini 14 kades terpilih yang dilepas LAMBEL secara adat pada 30 Agustus 2022 itu. Berikut nama-namanya :
Desa Juru Seberang : Adriansyah
Desa Dukong : Min Tet
Desa Buluh Tumbang : Riswan
Desa Sungai Samak : Alex Saputra
Desa Pegantungan : Ahid
Desa Badau : Irawan Sumantri
Desa Aik Batu Buding : Juniadi
Desa Cerucuk : Kusmadi
Desa Perpat : Sukri
Desa Aik Seruk : Prasastia Yoga
Desa Batu Itam : Burman
Desa Tanjung Binga : Tarmuzi
Desa Sungai Padang : Sukiman
Desa Aik Selumar : Mahdani

Acara ditutup dengan doa bersama untuk keselamatan para kades terpilih yang dipimpin oleh Karseno, dan usai acara 14 Kades terpilih yang akan dilantik diantar dengam grup Hadra diarak sampai ke Gedung Serba Guna Pemkab untuk acara pelaksanaan pelantikannya. (Imam)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda