Masyarakat Beltim Tidak Perlu Khawatir, Stok Pangan Aman Hingga Idul Fitri

  • Update Kamis, 24 Maret 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 259 kali

Belitung Timur, 24-03-2022 | Sarwamedia.com

Masyarakat Beltim sepertinya tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan stok Bahan pangan di pasaran karena, Memasuki Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait stabilitas harga, ketersediaan stok pangan serta pengendalian inflasi daerah Bertempat di Ruang Rapat Bupati, Selasa (22/3/22). Rakor dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar.

Rapat Koordinasi ini dilakukan untuk melihat kesiapan ketersediaan, antisipasi serta stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok strategis menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Beltim, Khaidir Lutfi mengatakan bahwa dalam mengatasi ketersediaan pangan ini Pemerintah Daerah akan melakukan upaya subtitusi pangan supaya mendapatkan harga yang terjangkau.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah juga akan memantau langsung ketersediaan bahan pokok yang bekerjasama dengan satgas pangan Polres Beltim, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan OPD terkait untuk menjamin ketersediaan stok pangan selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri nanti dan pemantauan untuk produk-produk yang sudah kadaluarsa.

"Kita akan mengoptimalkan setiap OPD yang mempunyai kewenangan di bidang tersebut untuk melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing. Dan juga untuk TPID kita akan melakukan koordinasi lebih lanjut ke komoditas yang selama ini sudah berulang kali terjadi kelangkaan stok dan harga, hal itu yang akan menjadi fokus perhatian kita kedepannya," ungkap Khaidir.

Upaya lain yang dilakukan Pemkab Beltim melalui OPD terkait menjelang bulan Ramadhan adalah dengan menggelar kegiatan operasi pasar murah yang akan diberikan kepada masyarakat dengan jumlah 8.400 paket.

Selanjutnya, Khaidir mengungkapkan berdasarkan laporan dari tim TPID sesuai data di lapangan untuk 9 bahan pokok masih aman sampai 45 hari kedepan. Namun, ada beberapa stok yang harus melakukan penambahan setiap 8 hari sekali dan akan terus dilakukan pemantauan supaya kelancaran distribusi dari distributor tetap terjamin.

"Kita dari Pemkab Beltim berharap ketersediaan stok bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini stoknya terpenuhi dengan harga yang terjangkau. (Triya/Sarwamedia)

Sumber: Diskominfo Beltim

Form Komentar
Komentar Anda