PDPM Gelar Rihlah Dakwah

  • Update Minggu, 19 Desember 2021
  • Daerah
  • Dilihat : 1348 kali

Belitung, 19-12-2021 | Sarwamedia.com

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Belitung dan Belitung Timur menggelar kegiatan Rihlah Dakwah (Perjalanan Dakwah) Dengan mengangkat Tema “Begalor".

Bekisah dan ukhuwah, kegiatan ini digelar dibeberapa tempat di Tanjungpandan, dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Setda Belitung tadi malam (17/12/2021) sedangkan di Manggar digelar Jumat kemarin (16/12/2021).

Ustad yang dihadiri untuk mengisi Tabligh Akbar Adalah Cupink Topan seorang aktor Indonesia yang bernama asli Sofyan Alop. Turut hadir dalam acara Tabligh Akbar tersebut para ulama dan enterpreuner muda asal Belitung dan Belitung Timur.

Menurut pihak PDPM, kegiatan ini digelar sebagai salah satu upaya berikhtiar bersama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu kegiatan seperti ini dapat dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dan berkah yang diberikan Allah SWT dan melalui Tabligh Akbar harapannya akan mempererat ukhuwah Islamiyah antar sesama Umat Muslim.

Sementara itu, sebagai salah satu pemateri Rihlah Dakwah, Cuping Topan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh PDPM Belitung dan Beltim.

“Ia bahkan terkesan dengan kegiatan ini sehingga ia berharap acara seperti ini dapat terlaksana secara berkelanjutan. Bahkan ia bersedia membantu mendatangkan pematerinya,” ujarnya.

Jika tadi malam kalian dan mendengar Tausiyah yang di hantarkan Cupink Topan pasti dalam hati bertanya-tanya siapa orang rambut gimbal namun mampu memberikan tausiyah Agama, suaranya bagus lagi 

Siapakah Cupink Topan?

Agar masyarakat mengenal siapa Cupink Topan mari kita simak ulasan singkat di bawah ini. Jika Salman Al-Jugjawy adalah musisi terkenal karena Ia adalah Gitaris Shela On Seven. Maka Cupink adalah seorang Aktor film.

Nama Aslinya adalah Sofyan Alop atau yang lebih dikenal dengan nama Cupink Topan Ia menjadi pebincangan di dunia maya. Ia menjadi terkenal setelah videonya saat menjadi imam shalat di Hotel Bidakara tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat Cupink sedang mengimami shalat dengan bacaan Al-Quran dengan merdu. Aktor di film Laga tersebut Qiraah nya luar biasa, bahkan Gubernur Maluku Utara KH. Abdulgani Kasuba. Lc. sampai terkesima mendengarkan suaranya.

Cupink Topan adalah Putra dari negri Tidore (33) Ia juga Aktor di film Laga, menamatkan sekolahnya di SMK Tidore jurusan Akuntansi, Cupink Topan melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Niatnya diawal kuliah, Ia ingin mengambil jurusan Ekonomi Islam. Namun, dia justru terdampar di Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Di fakultas PBA, Cupink merasa kesulitan, pada Semester V dia merasa kewalahan karena tiap kali presentasi, setiap mahasiswa harus menggunakan bahasa Arab.

Akhirnya ia memutuskan untuk pindah Fakultas, namun karena proses pengurusan pindah fakultas yang ribet membuatnya memutuskan berhenti kuliah padatahun 2006.
Meski sekolah nya sempat terhenti, tak menjadikan Cuping kehilangan semangat, dengan modal pengalamannya bermain teater saat masih berstatus mahasiswa menjadi pelajaran yang berharga baginya.

Pentas teater berjudul Kertas Kosong yang digagas oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassar (HIPMIN) itu menjadi awal perkenalannya dengan dunia peran.

"Di sanalah Ia pertama belajar teknik olah pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, improvisasi, juga artikulasi,"

Setelah itu, Sofyan Alop alias Cupink Topan memantapkan pilihannya pada seni peran. Kota besar adalah tujuan utamanya merantau, sepuluh tahun lalu, Sofyan Alop dipaksa temannya untuk mengikuti lomba modelling. Ternyata langkah itu menjadi pembuka jalan bagi kariernya di dunia akting.

Sofyan Alop kemudian mulai mendapat tawaran beberapa judul film. Salah satunya dia pernah terlibat dalam film The Raid Redemption (2011). Namun beberapa waktu kemudian namanya kurang dikenal.

Hingga akhirnya sebuah video dirinya menjadi imam salat di Hotel Bidakara, namanya kembali menghangat.

Video yang diunggah akun Facebook Iqchalcedony Obi, terdengar Cupink Topan melantunkan Surah Jum’ah dengan fasih dan tartil. pemilik akun Instagram @cupink_topan ini membaca ayat suci Alquran dengan merdu. Hingga Minggu (30/7) pagi video Cupink Topan tersebut sudah diputar 4 juta kali, dibagikan 75 ribu orang. (One)

Sumber profil Cupink Topan JPNN.

Form Komentar
Komentar Anda