Sepakat!!! Laut Belitung Bebas Tambang

  • Update Jumat, 26 November 2021
  • Daerah
  • Dilihat : 1388 kali

Tanjungpandan, 26-11-2021 | Sarwamedia.com

DPRD Kabupaten Belitung menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang polemik tambang ilegal di Perairan Munsang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Kamis (25/11/2021) di Ruang Rapat DPRD Belitung.

Hadir dalam RDP tersebut pihak Lembaga Adat Melayu (LAM) KNPI, BupatiBelitung Kapolres, Dandim 0414 serta tokoh masyarakat dalam RDP tersebut menghasilkan sebuah kesepakatan

Kesepakatan tersebut te memuat 6 poin yang menyatakan untuk berkomitmen dan menjamin dalam mewujudkan Belitung bebas dan bersih dari tambang laut.

Selain itu, pernyataan akan bersikap tegas apabila ada pihak yang mencoba menambang di laut Belitung dengan alasan apapun.

Adapun isi dari 6 point' tersebut adalah

Meresepon secara cepat tanggap terkait berbagai masalah pertambangan yang merusak lingkungan akhir-akhir ini tentunya ada langkah strategis dalam penanganannya.

2. Meneruskan agenda ini dengan cara menjaga dan mengawal Kabupaten Belitung agar tetap bebas tambang laut dari tatanan kebijakan paling terendah sampai dengan tatanan kebijakan paling tertinggi.

3. Bersama sama melakukan pengawasan dengan bersungguh sungguh agar tidak terjadi penambangan ilegal di laut Belitung yang merusak lingkungan dan mematikan potensi pariwisata dan perikanan di Kabupaten Belitung.

4. Tidak akan mengeluarkan rekomendasi apapun bentuknya yang berkaitan dengan tambang laut di Kabupaten Belitung.

5. Menindak tegas memberi sanksi sesuai UU kepada Aparatur Negara yang berani terlibat dalam tambang laut, serta mencopot jabatan apabila terdeteksi dengan berani membekengi / berada dalam aktivitas tambang laut.

6. Meminta jajaran Bupati, Forkopimda, dan DPRD selalu menjaga integritas sesuai dengan ikrar dan sumpah ketika dilantik sebagai Pejabat Negara, sebagaimana pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar negara.

Keenam point-point yang terkandung dalam kesepakatan bersama dan selanjutnya di sebut oleh orang-orang yang hadir sebagai sebuah Fakta integritas disepakati dan ditandatangani langsung oleh seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Belitung.

Antara lain yakni Bupati Belitung Sahani Saleh, Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana, Dandim 0414/Belitung Letkol inf Mustofa Akbar, Ketua DPRD Belitung Ansori dan Kajari Belitung IG Punia Admaja yang disaksikan oleh tokoh masyarakat dan lainnya.

Dengan adanya kesepakatan tersebut kekuatan Laut Belitung bebas tambang bertambah kuat. Karena tanpa adanya fakta tersebut sebenarnya laut Belitung juga tidak bisa di tambang bahkan oleh PT Timah kecuali laut Beltim.

Hal itu di karenakan pada tahun 2003 lalu Laut Belitung sudah bebas dari IUP. PT Timah sudah di lepas.untuk Belitung perusahaan Negara tersebut tinggal memiliki IUP daratan.Kalaupun ada IUP itu di kawasan laut Beltim yang membentang dari Kampit sampai ke Manggar.

Sementara itu, dalam RDP tersebut yang berlangsung kurang lebih selama dua jam tersebut.yang menjadi fokus pembahasan hanya aktivitas tambang di laut untuk wilayah darat tidak di singgung sedikitpun. (One)

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda