Tekan Indeks Stunting DKPPKB Gelar Promosi GenRe

  • Update Kamis, 17 Maret 2022
  • Daerah
  • Dilihat : 204 kali

Belitung Timur, 17-03-2022 | Sarwamedia.com

Dalam rangka menekan indeks angka stunting di Kabupaten Belitung Timur, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Persiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), Sosialisasi tersebut berlangsung Rabu (16/3/22) di Gedung Serbaguna Kecamatan Kelapa Kampit dengan melibatkan seluruh Generasi Berencana (GenRe) se- Kabupaten Beltim.

M Yulhaidir selaku Kepala DKPPKB mengatakan tujuan dari diselenggarakan kegiatan Promosi Genre ini adalah dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi, dan sebagai sarana informasi terkait penguatan stunting.

Bagaima Kabupaten Belitung Timur bisa menurunkan angka stunting dan seiring dengan kebijakan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang ada di daerah.

"Disamping itu juga proses ini terkondaksi dengan program-program pembinaan melalui KUA, KB dan diedukasi juga melalui bidang kesehatan. Program yang stunting ini perlu pemahaman, karena pintu masuk utamanya dari remaja. Kalau remaja sudah paham, kita yakin bagaimana mereka mensiapkan diri untuk kedepannya," ujar Muhammad Yulhaidir selaku Kepala DKPPKB Kabupaten Beltim.

Menurut Yulhaidir, hal yang terpenting untuk penurunan angka stunting ini adalah melakukan Gerakan Kesehatan Masyarakat (GERMAS) agar masyarakat dibiasakan untuk budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat, seperti melakukan cek kesehatan berkala, makan buah dan sayur, tidak merokok dan istirahat yang cukup.

"Ini adalah tugas kita sub Pengendalian dan Keluarga Berencana yang salah satunya penekanan melalui program Genre untuk lebih kuat memberikan edukasi melalui promosi program-program kedepannya agar lebih berinovasi dan berkembang yang seiring berjalannya waktu remaja-remaja Belitung Timur ini akan lebih baik dan bisa mengurangi angka pernikahan dibawah umur," jelasnya

Yulhaidir berharap semoga dengan adanya program ini bisa menjadi penguat dalam rangka menyiapkan generasi muda yang sehat, kuat, punya karakter intelektual dan religius yang bagus. Supaya bisa menjadi remaja yang hebat, remaja yang punya konsep terkait rencana untuk kedepannya. (Triya/One)

Sumber Diskominfo Beltim

Form Komentar
Komentar Anda