Kemenko Marves Tunjuk Belitung Jadi Tuan Rumah World Ocean Assessment 2022

  • Update Selasa, 30 Agustus 2022
  • Nasional
  • Dilihat : 82 kali

Belitung, 30-08-2022 | Sarwamedia.com

Kabupaten Belitung kembali dipercaya sebagai tuan rumah event internasional. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menunjuk Belitung sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Regional Workshop World Ocean Assessment (WOA) 2022. Penunjukan itu tertuang dalam surat Kemenko Marves nomor 111/DI/DE.01.00/VIII/2022 tertanggal 23 Agustus 2022.

Surat tersebut ditandatangani oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Basilio Dias Araujo. Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung menyambut baik penunjukan Kabupaten Belitung sebagai tuan rumah WOA 2022 yang disampaikan oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie.

"Ini sangat menarik karena Kemenko Marves memberikan kepercayaan luar bisa kepada Belitung. Kegiatan itu rencananya akan digelar pada minggu kedua Desember 2022 yang akan datang," ujar Isyak Meirobie.

World Ocean Assessment adalah pertemuan maritim dunia yang berfokus membahas isu-isu lingkungan laut dan efeknya terhadap sosial dan ekonomi. Isyak menuturkan Pemerintah Belitung sudah beberapa kali melakukan rapat dengan Kemenko Marves dan kementerian lainnya.

"Kegiatan ini seperti pertemuan maritim dunia yang digagas oleh United Nation (UN) Doalos atau PBB untuk perjanjian hukum kemaritiman," lanjut Isyak

WOA 2022, kata Isyak, menjadi agenda internasional kedua di Kabupaten Belitung setelah pelaksanaan Development Working Group (DWG) G20 pada September mendatang.

"Kegiatan ini nanti akan memberikan laporan dan rekomendasi terhadap assessment lingkungan laut fase ketiga," tutup Isyak. (Owi)

Form Komentar
Komentar Anda