Timgab BNNP Babel Bekuk 2 Bandar Narkoba di Pangkalpinang Barang Bukti 4 kg Sabu dan 692 Butir Extacy

  • Update Rabu, 6 April 2022
  • Kriminal
  • Dilihat : 387 kali

Bangka Belitung, 06-04-2022 | Sarwamedia.com

Gambaran penangkapan Bandar Narkoba di pangkal pinang baru-baru ini Selasa (5/4/2022) oleh Tim gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung bersama Bea Cukai dan Polres Pangkalpinang seperti yang terjadi di film-film action.

Bagaimana tidak dalam pengungkapan kasus yang berlangsung Selasa (5/4/2022) sempat di warnai aksi perlawanan oleh para pelaku dan aksi kehar-kejaran kendaraan bahkan membuat mobil petugas ringsek.

Namun walaupun susah payah petugas berhasil mengamankan 2 bandar besar tersebut Dari tangan keduanya Berhasil di amankan petugas Total barang bukti adalah empat kilogram sabu dan 692 butir ekstasi.

Narkoba tersebut diamankan dari dua tersangka bandar narkoba di Pangkalpinang, masing-masing AS (22) dan TS (25).

Dalam Penangkapan AS dan TS sempat berlangsung dramatis. Di mana
Tersangka AS (22) memberikan perlawanan dan berusaha kabur saat akan ditangkap.
Petugas dan AS akhirnya terlibat aksi kejar-kejaran.

Setelah terdesak karena terus dikejar petugas, akhirnya AS nekat menyeruduk mobil petugas. Mobil yang digunakan mengalami kerusakan parah.

"Waktu penangkapan, sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas dan tersangka, karena terdesak tersangka nekat menabrkkan mobilnya ke arah mobil petugas sampai mengalami kerusakan cukup berat," ujar Kepala BNNP Babel Brigjen Pol M.Z Muttaqien, Selasa (5/4/2022) malam. di kutip dari Bangkapos

Muttaqien mengatakan, berkat kegigihan tim gabungan yang dipipin Kabid Berantas dan Intelejen Kombes Pol Dinnar Widargo, tersangka AS akhirnya berhasil dilumpuhkan dan diringkus.

Dari tangan tersangka AS, petugas mengamankan barang bukti sabu sebanyak 1 kilogram

"tersangka AS juga mencoba membuang barang bukti sabu 1 kilogram tersebut," kata Muttaqien.

Dari hasil pemeriksaan AS, diketahui masih ada tersangka lain yang juga akan melakukan transaksi besar di daerah Semabung, Pangkalpinang.

mendapatkan informasi tersebut Tim kembali bergerak cepat. Di mana Akhirnya tim gabungan juga berhasil mengamankan tersangka lainnya yang berinisial TS (25) di jalan raya.

Sama dengan AS, TS juga melakukan perlawanan dengan mencoba melarikakan diri. Ia berusaha kabur menggunakan kendaraan roda dua. Namun, upaya melarikan diri itu gagal dan TS pun akhirnya diringkus.

Dari TS, diamankan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 100 gram. Kemudian tim gabungan melakukan pengembangan ke rumah TS di daerah Pangkalbalam. Di sana, tim gabungan menemukan barang bukti sabu sebanyak 2,9 kilogram dan ekstasi sebanyak 692 Butir.

"Dari hasil tindakan tindakan tegas dan terukur di lapangan, kita dapat lakukan penangkapan terhadap 2 orang laki-laki serta penyitaan sebanyak kurang lebih 4 Kilogram sabu, 692 butir ekstasi ," pungkas Muttaqien

Selain itu kata Muttaqien Petugas juga mengamankan satu unit motor, satu unit kendaraan pikap dan tiga handphone.

Kepala BNNP Babel Brigjen Pol M.Z Muttaqien mengatakan, selain dijerat dengan undang undang narkotika, pihaknya juga akan membidik para tersangka ini ke arah Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Penindakan semacam ini telah mereka terapkan ke sejumlah kasus lainnya. Penerapan pasal berlapis tersebut sebagai upaya pihaknya guna memberikan efek jera bagi para bandar narkoba.

"tersangka ini, selain diproses undang undang narkotika juga akan dibidik TPPU- nya. Dengan estimasi BB 4 Kg sabu bisa menyelamatkan 800 ribu orang, dan 692 butir extasi bisa menyelamatkan 1384 orang," pungkasnya

Berbagai sumber

Form Komentar
Komentar Anda