Mummi Lidah Emas

  • Update Sabtu, 30 Oktober 2021
  • Nasional
  • Dilihat : 1352 kali

Jakarta, 30-10-2021 | Sarwamedia.com

Sebanyak 16 kuburan batu ditemukan para arkeolog yang menggali di situs Mesir kuno Taposiris Magna pada Februari lalu. Hebohnya, satu kuburan berisi mumi dengan lidah terbuat dari emas.

Saat penggalian, para arkeolog menemukan benda emas yang masih bersinar di dalam mulut kerangka itu. Kerangka dengan lidah emas ternyata masih terawat baik, karena tengkorak dan sebagian besar strukturnya masih utuh.

Spekulasi yang muncul adalah, lidah mayat tersebut diambil selama pembalseman, kemudian lidah itu diganti dengan benda emas. Ini bertujuan agar mayat itu memiliki kemampuan untuk berbicara dengan dewa kematian, Osiris, setelah tiba di akhirat.

Osiris dianggap akan menguasai dunia bawah dan akan menilai roh orang-orang yang telah meninggal. Dengan memberikan lidah kepada orang yang meninggal sekitar 2.000 tahun yang lalu, hal ini telah memungkinkan mereka meyakinkan Orisis untuk menunjukkan belas kasihan pada roh mereka.

Poros pemakaman yang berusia sekitar 2.000 tahun ini diketahui sangat populer di era Yunani dan Romawi kuno, yang menyimpan sisa-sisa di dalam gunung atau formasi batuan alami.

Dalam kuburan terdapat sejumlah mumi. Meskipun terlihat banyak yang hancur, beberapa kerangka di pemakaman batu masih utuh. Hal ini memungkinkan tim untuk melihat seperti apa rupa setiap orang dulu.

Operasi penggalian tersebut dipimpin Universitas Santo Domingo, yang telah bekerja di situs tersebut selama hampir satu dekade. Dr. Kathleen Martinez, yang memimpin penggalian, menemukan sejumlah pernak-pernik mewah dan patung di atas kuburan masih utuh.

Satu makam ditemukan dengan sisa-sisa 'penyepuhan dan bantalan dekorasi berlapis emas yang menunjukkan dewa Osiris.(dilansir dari Okezone)

Form Komentar
Komentar Anda