Lagi Bersihkan Pantai Mahasiswa Lampung Temukan Jenglot

  • Update Minggu, 26 Desember 2021
  • Viral
  • Dilihat : 1973 kali

Belitung, 26-12-2021 | Sarwamedia.com

Seorang mahasiswa teknik di Lampung menemukan sebuah jenglot saat melakukan kerja Bhakti bersih-bersih pantai di pantai Kunjir Kalianda, Lampung Selatan seperti sosok mahluk tersebut sengaja di buang oleh pemiliknya karena Ia berada dalam buntalan plastik yang di dalamnya ada jenglot yang di balut kain berwarna putih panjang.

Jenglot tersebut sekitar 15 cm, gambaran penemuan jenglot ini di unggah lewat video tiktok. Dalam video tampak seorang pria menunjukkan temuan benda berukuran panjang sekitar 15 cm tersebut terlihat berwarna gelap. Benda yang terlihat memiliki dua tangan dan kaki tersebut tampak berambut panjang dan bertaring

Nama pria tersebut Alfajar Puja Kusuma selaku pria yang ada di dalam video tersebut menceritakan soal penemuan benda tersebut. Alfajar mengatakan benda mirip jenglot itu ditemukan saat dia bersama rekan mahasiswa tengah melakukan bakti sosial di Pantai Kunjir di Kalianda, Lampung Selatan, Lampung.

"Awalnya saya ambil sampah buntalan plastik. Terakhir, ada sebuah plastik dan diikat. Berat juga. Saya penasaran, saya buka," kata Alfajar

Dia mengatakan momen video viral tersebut terjadi pada akhir November lalu. Bakti sosial itu digelar sebagai bagian rangkaian dies natalis Teknik Sipil Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Dia menduga awalnya benda di dalam plastik yang baru diambilnya hanya mainan ketika di ketahui bahwa benda tersebut barang mistik akhirnya dikembalikan nya ke tempat semula.

Apa itu Jenglot?

Dosen sejarah dan budaya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menjelaskan tentang jenglot dan perannya selama ini di dunia perdukunan.

"Versi dunia perdukunan, jenglot ada dua versi satu makhluk jadi-jadian yang bisa disuruh majikannya untuk ditugasi mengantar hal magis atau guna - guna atau teluh. Kedua makhluk gaib beneran yang tidak makan nasi tapi makan darah," kata menurutnya jenglot sejenis dengan sebuah jimat namun lebih ke arah yang negatif. Kata dia jenglot biasanya digunakan untuk hal yang berhubungan dengan santet.

Dikutip dari Wikipedia Jenglot merupakan boneka mainan yang memiliki ukuran bervariatif (sekitar 10–20 cm), belum ada pembuktian secara ilmiah bahwa jenglot adalah jasad mahluk hidup. Sebagian besar jenglot yang beredar sekarang adalah hasil buatan dan rekayasa semata. berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat serta memiliki rambut dan kuku yang panjang Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan tidak selalu memakan darah manusia.

Bisa juga di kasih minyak tanpa alkohol, tergantung yang memilikinya. Jenglot sebetulnya siluman yang mewujudkan dengan benda membentuk sesuatu yang menyeramkan bagi kalangan tertentu.

Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan tidak selalu dapat mengundang bencana. [Tetapi juga bisa di pergunakan untuk yang positif. Sementara menyoal asal usul jenglot, Gus Muwafiq kepada detik.com menjelaskan jika jenglot adalah makhluk yang muncul di akhir era kerajaan Majapahit. Menurutnya makhluk itu adalah manusia yang mendalami suatu ilmu.

"Ya dia makhluk, makhluk yang sudah pernah menjadi tren pada zamannya, gitu. Jadi tren jenglot di kisaran Majapahit, era jenglot itu di akhir Majapahit awal Demak setelah itu jarang ditemui," katanya.

"Dulunya, jadi dulu itu ada orang yang punya ilmu, semacam ilmu rawa rontek. Ketika dia mau melepas kehidupannya tidak bisa dan jadi mengecil," lanjut Gus Muwafiq.

Menurutnya, regenerasi jenglot muncul dari mengaitkan dan membuat publikasi-publikasi soal jenglot. Namun, kebanyakan jenglot yang terpublikasi bukan yang asli.

"Coba saja kalau ketemu jenglot dibedah, kalau yang asli bentuknya seperti manusia tapi memang mengecil, meski keriput dia mengecil tapi utuh. Bukan benda mati, seperti boneka itu, karena jenglot itu bergerak," ujarnya.

Terkait imbauan kepada masyarakat, Gus Muwafiq meminta agar masyarakat tidak menyikapi temuan jenglot sebagai sesuatu yang heboh. Pasalnya jenglot adalah bagian dari peradaban masa lalu dan saat ini banyak yang palsu.
Sementara itu di kutip dari Solopos.

Makan Darah
Jenglot biasa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia seperti Jawa, Kalimantan, dan Bali.dan Sumatera Makhluk ini dipercaya memiliki kekuatan jika diberi makanan berupa darah manusia. Namun, jika tidak dirawat dengan baik maka dapat mengundang bencana.

Pemiliknya harus memberinya makan setetes darah setiap hari. Jika tidak, maka dia dan orang-orang di sekitarnya bakal terkena musibah.

Keberadaan jenglot itu pun menimbulkan rasa penasaran di kalangan ilmuwan. Salah satu hasil penelitian yang diterbitkan di Jurnal Ilmu Kedokteran Malaysia pada 2009 menyebut rambut pada makhluk itu berasal dari manusia.

Berasal dari Manusia
Ada berbagai kisah misteri tentang jenglot. Beberapa orang meyakini makhluk itu dulunya adalah manusia pertama yang mempraktikkan sihir terlarang agar hidup abadi. Ketika orang itu meninggal, tubuhnya ditolak Bumi sehingga tidak terurai dan menyusut menjadi jenglot.

Tetapi ada juga pendapat lain yang menyebut jenglot adalah makhluk gaib yang bisa ditangkap dan dijinakkan. Ada juga yang menyebutnya sebagai spesies hewan langka.(One)

Di kutip dari berbagai sumber.

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda