Teknologi Bikin Budidaya Udang Makin Cuan, Produksi Ditarget Naik 250%

  • Update Senin, 13 September 2021
  • Nasional
  • Dilihat : 1174 kali

Sindonews
2021/09/12 10:53

Melalui penerapan teknologi diyakini produktivitas produksi perikanan budidaya bisa meningkat pesat. Milenial Shrimp Farming (MSF) juga bakal terus mencetak calon wirausahawan mandiri dengan keterlibatan milenial. Foto/Dok

JAKARTA - Melalui penerapan diyakini produktivitas budidaya bisa meningkat pesat. Milenial Shrimp Farming (MSF) dengan mengusung konsep yang inovatif berbasis industri 4.0 juga bakal terus mencetak calon wirausahawan mandiri dengan keterlibatan generasi milenial di .

Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara sebagai salah satu inkubator bisnis program MSF berkomitmen untuk berperan penuh dalam memfasilitasi inovasi ini agar bisa diadopsi oleh para kaum milenial dan mampu menciptakan startup baru pada bisnis udang nasional.

Koordinator teknis MSF, Iwan Sumantri mengatakan, ada tiga hal yang menjadi pedoman mereka di Balai Besar untuk mengajak milenial berwirausaha lewat budidaya tambak udang.

"Yang melatarbelakangi dikembangkannya teknologi milenial adalah yang pertama, kita akan meningkatkan produktivitas produksi perikanan budidaya sebesar 250% di tahun 2024," kata Iwan dikutip dari akun YouTube resmi KKP di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Menurut Iwan, salah satu komponennya adalah produksi udang. Jadi BBPBAP berusaha menggenjot jumlah produksi udang dengan cara meningkatkan secara terus menerus teknologi yang selama ini telah dikerjakan. Kemudian mereka akan terus meregenerasi pelaku tambak udang dengan para milenial.

"Yang kedua adalah kita mencoba meregenerasi para pelaku tambak udang yang selama ini didominasi oleh kaum yang sudah mungkin senior, kita mencoba menarik para generasi milenial artinya lulusan fakultas perikanan di seluruh Indonesia. Kita coba didik menjadi seorang pelaku usaha udang yaitu harapannya bisa menjadi pengusaha udang muda ataupun menjadi teknisi-teknisi handal yang siap mengembangan di seluruh wilayah Indonesia untuk bisa mendukung produksi perikanan budidaya," ujar dia.

Terakhir, kata Iwan adalah modernisasi cara berbudidaya udang, jadi cara budidaya udang ini dari tahun ke tahun ke depan akan ada tantangan automatisasi yaitu untuk bisa meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga dan peningkatan produksi.

"Jadi dengan penggunaan teknologi 4.0 jadi kita dalam berbudidaya sudah menggunakan automatisasi yang dikontrol dengan jaringan internet, jadi bisa kita kendalikan dari jarak jauh, salah satunya adalah pengaturan pemberian pakan menggunakan automatisasi feeder, melakukan water quality yang bisa dipantau dari jauh dan penggunaan alat-alat lain yang bisa secara otomatis bisa dikendalikan dari jauh, di antaranya paddle wheel dan blower dan lain-lain," ujar Iwan.

Diketahui BBPBAP juga secara aktif mensosialisasikan keberhasilan teknologi milenial ini kepada masyarakat akuakultur seluruh Indonesia. Mereka juga membuka peluang untuk masyarakat pembudidaya sharing pengetahuan bisa datang ke Jepara.

"Kami untuk bisa belajar bersama bagaimana teknologi ini bisa kita kembangkan di seluruh Indonesia," katanya.

Sekarang misi BBPBAP tinggal memperbanyak di beberapa titik-titik yang potensial untuk dikembangkan sebagai cluster Milenial Shrimp Farming. "Jadi semakin banyak kita bisa mengembangkan, maka target 250% produksi di tahun 2024 adalah sesuatu yang sangat realistis untuk dicapai," pungkasnya.

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Belitung Wisata Reguler

Paket Tour Belitung Keluarga

Paket Tour Honeymoon

Paket Tour Belitung Tanpa Hotel

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Belitung Terfavorite

Paket Tour Belitung

Paket Tour Belitung 2D1N

Paket Tour Belitung 3D2N

Paket Tour Belitung 4D3N

Paket Tour Keluarga Belitung 3D2N

Paket Tour Keluarga Belitung 4D3N

Paket Tour Honeymoon Belitung 3D2N

Paket Tour Honeymoon Belitung 4D3N

Paket Tour Belitung Murah 2D1N

Paket Tour Belitung Murah 3D2N

Paket Tour Belitung Murah 4D3N

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Toyota New Avanza

Pulau Lengkuas

Pulau Pasir

Pulau Burung

Pantai Tanjung Kelayang

Batu Satam Asli Belitung

Artikel Wisata Belitung

Belitung Rent Car

Paket Tour Belitung

Paket Tour Favorite Belitung

Paket Tour Hemat Belitung

Paket Tour Honeymoon Belitung

Paket Tour Keluarga Belitung

Paket Tour Murah Belitung

Paket Tour Populer Belitung

Paket Tour Reguler Belitung

Paket Tour Tanpa Hotel Belitung

Paket Tour Terbaik Belitung

Paket Tour Wisata Belitung

Rental Boat Belitung

Rental Mobil Belitung

Rental Mobil Bus Belitung

Rental Motor Belitung

Sewa Boat Belitung

Sewa Mobil Belitung

Sewa Mobil Bus Belitung

Sewa Motor Belitung

Tempat Wisata Belitung

Form Komentar
Komentar Anda