Pemilu Legislatif Belum Jelas Kapan Di Gelar

  • Update Jumat, 1 Oktober 2021
  • Politik
  • Dilihat : 1142 kali

Tanjungpandan, 01/10/2021 | Sarwamedia.com

Perhelatan pesta demokrasi tahun 2024 khususnya Pemilu Legislatif belum jelas kabarnya kalaupun ada kejelasan hanya berkaitan dengan Pemilukada, kabarnya masih ada silang pendapat antara pihak KPU dan Depdagri. Kapan waktu pelaksanaan pasti intinya kesepakatan antara kedua belah pihak belum ada.

Menurut informasi KPU mengajukan Awal Februari 2024 sedangkan pihak Depdagri pertengahan tahun 2024. Sehingga ketetapan kapan pastinya Pileg masih menunggu pembahasan lebih lanjut antara kedua pihak.

Rezeki Aris Munazar seizin ketua KPU Soni KurniawanSH kepada Sarwamedia membenarkan belum ada kepastian kapan Pileg akan di gelar.

Menurutnya secara gambaran pemilu 2024 lagi tarik ulur terkait pembahasan bulan dan tanggal apakah tanggal yang diusulkan dari KPU RI di bulan feb tanggal 21 tahun 2024 apakah usul dari pemerintah pusat ( mendagri dan menkopolhukam ) tanggal 15 mei 2024.

Kita masih menunggu RDP dengan komisi 2 DPR RI terkait keputusan kapan pastinya. Namun untuk Pemilukada sudah sepakat akan di gelar Bulan November 2024"

Mengenai apa alasan KPU agar Pileg di gelar Bulan Februari 2024

Aris menjelaskan gambaran singkat apa yang di ketahuinya.

Alasan KPU karena mengingat dalam tahun 2024 itu ada waktu yang beririsan dengan pilkada serentak. Maka KPU RI dengan mempertimbangkan hari H pemilu dimajukan, karena mengingat kebiasaan di mana biasanya setelah hari H ada terkait PHPU yang prosesnya cukup panjang sedangkan alasan Kemendagri berkaitan dengan dampak dinamika dalam bentuk pengamanan negara" jelasnya singkat(One)

Form Komentar
Komentar Anda